www.bisnistoday.co.id
Selasa , 21 Januari 2025
Home NASIONAL & POLITIK Nasional KAI Amankan Barang Tertinggal Pelanggan Senilai Lebih dari Rp13,2 Miliar
Nasional

KAI Amankan Barang Tertinggal Pelanggan Senilai Lebih dari Rp13,2 Miliar

Pelanggan KAI
PELANGGAN Kereta, bersama Petugas KAI./
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengamankan barang tertinggal dari pelanggan, termasuk melalui layanan Lost and Found (Barang Tertinggal) mencapai Rp1,3 miliar lebih. Barang milik pelanggan ini, telah diamankan oleh PT KAI sepanjang Januari hingga November 2024.

“Dari 8.239 barang yang ditemukan 3.576 di antaranya merupakan barang-barang berharga, seperti peralatan elektronik, perhiasan, dokumen penting, hingga uang tunai. Sebagian besar barang tersebut sudah berhasil kami kembalikan kepada pemiliknya, namun ada juga yang masih kami simpan karena pemiliknya belum mengambilnya,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Kamis (12/12).

KAI mencatat, selama periode Januari hingga November 2024, KAI berhasil mengamankan 8.239 barang temuan dengan estimasi nilai total mencapai Rp13.256.674.215. Jumlah ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun 2023, di mana KAI mengamankan 5.434 barang dengan estimasi nilai Rp6.655.984.900.

Anne menambahkan bahwa petugas di stasiun dan kereta api secara rutin mengingatkan para pelanggan untuk selalu menjaga barang bawaan mereka agar tidak tertinggal.

“Meski barang bawaan adalah tanggung jawab pelanggan, kami berusaha memberikan layanan terbaik dengan membantu mengamankan barang yang tertinggal baik di kereta maupun di stasiun. Kami ingin memastikan agar barang yang tertinggal dapat kembali ke pemiliknya dengan aman,” jelas Anne.

Beberapa pengalaman positif pelanggan mengenai layanan Lost and Found KAI juga banyak dibagikan melalui media sosial. Salah satunya adalah komentar akun facebook Lutfi Muhamad Yoga yang mengomentari postingan akun Kereta Api Kita terkait layanan Lost and Found pada 6 Desember 2024.

 “Jadi inget ketinggalan HP, langsung lapor, dan besoknya udah dikembalikan. KAI emang terbaik,” komentar akun facebook Lutfi Muhamad Yoga.

Pengalaman serupa juga dibagikan akun facebook Hana Shaluna yang mengatakan “catett bgt 121!! Btw sebelum liat postingan ini pernah bgt ketinggalan hp di loket tiket wkwkwk dan langsung dicariin sama petugasnya ketemu, sampe akua bis dari kamar mandi ditungguin buat ngasih hp. Bener2 makasiiih bgt bapa petugas waktu ituuu di Stasiun Parungkuda.”

Komitmen KAI dalam menyediakan layanan Lost and Found merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, khususnya dalam hal keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan. Layanan ini menjadi prioritas dalam memastikan kepuasan pelanggan dan mendukung pengalaman perjalanan yang lebih baik.

“KAI berkomitmen untuk terus menciptakan ekosistem transportasi yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan. Dengan fokus pada inovasi dan pelayanan responsif, kami berharap dapat mendorong lebih banyak masyarakat untuk memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman, efisien, dan berkelanjutan,” tutur Anne./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

TAWWAFI TOUR LUNCURKAN PAKET UMROH

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Pelantikan Pejabat
Nasional

Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional, Menteri Nusron Tegaskan Jalankan Amanat Sebaik-baiknya

JAKARTA, Bisnistoday  - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan...

Menteri PU
Nasional

Menteri PU Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Staf Khusus

JAKARTA, Bisnistoday - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo melantik Pejabat Pimpinan...

Gemapatas 2025 di Kalimantan Tengah Resmi Diluncurkan Secara Serentak
NasionalNASIONAL & POLITIK

Gemapatas 2025 Kalimantan Tengah Diluncurkan Serentak

PALANGKA RAYA, BisnisToday - Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas Tanah (Gemapatas) Tahun...

Menteri Nusron
Nasional

Kementerian ATR/BPN Investigasi Polemik Sertipikat HGB di Lokasi Pagar Laut

JAKARTA, Bisnistoday – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),...