www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home BURSA & KORPORASI Korporasi Peran Penting Pertamina Dalam Mewujudkan Net Zero Emission
KorporasiLingkunganNASIONAL & POLITIK

Peran Penting Pertamina Dalam Mewujudkan Net Zero Emission

GEDUNG PERTAMINA : PT Pertamina (Persero) berupayan turut mendukung target 'Net Zero Emission' (NZE) secara bertahap hingga tahun 2060.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Pemerintah bertekad serius dalam upaya mencapai target net zero emission (NZE) carbon atau nol emisi karbon. Seperti diketahui nol emisi karbon diartikan kondisi jumlah emisi karbon yang dilepaskan ke atmosfir tidak melebihi jumlah emsisi yang mampu diserap oleh bumi. Implementasi NZE begitu penting, karena dapat mengurangi dampak negatif lingkungan akibat perubahan iklim pada umumnya. 

Terkait dampak negatif lingkungan inilah, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan net zero emission secara bertahap hingga tahun 2060 mendatang. Nah, inilah untuk mencapai NZE ini, diperlukan masa transisi menuju sistem energi bersih guna mencapai kondisi seimbang emisi karbon antara aktifitas manusia dan alam yang berkelanjutan. 

Seperti diketahui, semenjak Paris Climate Agreement tahun 2015, istilah program NZE menjadi popular. Sebagai salah satu, untuk menuju NZE untuk bidang energi adalah menerapkan pemanfaatan Carbon Capture and Storage (CCS).

Untuk mengurangi emisi karbon, menurut data ReforMiner bahwa sektor energi akan menjadi salah satu instrumen utama dalam mencapai target NZE. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, sebagai BUMN, Pertamina salah satunya kemungkinan akan menjadi kepanjangan tangan pemerintah dalam upaya mencapai target NZE di sektor energi. 

Dalam mencapai target NZE di sektor energi, Pertamina akan menjadi salah satu pihak yang berperan penting. Berdasarkan informasi yang ada, hingga tahun 2060 Pertamina menargetkan akan mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 81,4 juta ton CO2e. 

Sejalan dengan itu, Pertamina telah berkomitmen melakukan kegiatan operasi produksi migas yang lebih ramah lingkungan. Pertamina tercatat sebagai perusahaan migas yang paling aktif dalam upaya penerapan CCS/CCUS dalam kegiatan hulu migas. Dari 15 studi CCS/CCUS di Indonesia, sekitar 80 % diantaranya dikerjakan oleh Pertamina. 

Implementasi CCS/ CCUS

Seperti diketahui, Pertamina mulai mengimplementasikan teknologi Carbon Capture Storage (CCS)/ Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) dengan melakukan injeksi perdana C02 di Lapangan Pertamina EP Jatibarang Field, Indramayu, Jawa Barat. 

Menurut Dirjen Migas, Tutuka Ariadji,  teknologi CCUS menjadi enabler yang mampu meningkatkan produksi migas melalui CO2-EOR sekaligus mengurangi emisi GRK secara signifikan. Menurut Tutuka, injeksi CO2 dalam penerapan CCUS merupakan akselerasi untuk  mendukung target produksi migas nasional  1 juta barrel dan 12 MMSCFD tahun 2030 serta Net Zero Emission tahun 2060  

Dalam implementasinya, menurut SVP Research Technology and Innovation Pertamina, Oki Muraza, injeksi C02 merupakan realisasi kerja sama antara Pertamina (Persero), Pertamina EP, dan Japan Oil, Gas and Metals National Corporation (JOGMEC) terkait JOGMEC on CO2 Injection for Enhanced Oil Recovery (CCUS-EOR) Project in Jatibarang Field. 

Penerapan teknologi CCUS, merupakan komitmen Pertamina mendukung program Pemerintah untuk mempercepat transisi energi dan mencapai target penurunan emisi sebesar 29 persen pada tahun 2030 dan Net Zero Emission pada tahun 2060. 

Sedangkan, menurut data Pertamina, terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi sebagai dekarbonisasi di antaranya yang saat ini sedang dilakukan studi adalah Jatibarang, Sukowati, Gundih, Ramba, Subang, Akasia Bagus dan Betung. Secara total, potensi dekarbonisasi di seluruh area Pertamina Hulu Energi (PHE), sebagai Subholding Upstream Pertamina, di kisaran 15 juta ton carbon equivalen.

“Implementasi injeksi CO2 akan menjadi tulang punggung Pertamina dalam meningkatkan produksi migas dan sustainability,” papar Oki./ (sumber : Kemen ESDM, Pertamina & ReforMiner)

Oleh : Tito Suharto, Jurnalis Bisnistoday.co.id

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

HumanioraNASIONAL & POLITIK

Akademisi Diminta Peran Aktif dalam Pembangunan IKN

YOGYAKARTA, Bisnistoday - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono...

HukumNASIONAL & POLITIK

Menteri Hadi Upayakan Penyelesaian Tanah di Banjar Mumbul

BADUNG, Bisnistoday - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),...

HukumNASIONAL & POLITIK

Pemerintah Ajukan Kasasi Kasus KSP Indosurya

JAKARTA, Bisnistoday – Pemerintah melalui Kejaksaan Agung memutuskan untuk melakukan kasasi ke...

LingkunganNASIONAL & POLITIK

Tambak Ilegal Marajai Wilayah Karimun Jawa

KARIMUN JAWA, Bisnistoday- Pemerintah Provinsi dan Pusat selayaknya turun tangan untuk menyelesaikan...