www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home METRO Jakarta Region Hebat, Persit Kodim 0501/JP Panen Sayur Mayur dan Cabe Hasil Kebun di Atas Aspal
Jakarta Region

Hebat, Persit Kodim 0501/JP Panen Sayur Mayur dan Cabe Hasil Kebun di Atas Aspal

Social Media

JAKARTA , Bisnistoday – Komandan Kodim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf I.E. Siregar, S.H., MIPOL, melaksanakan panen sayur mayur kebun diatas aspal sebagai lahan Urban Farming Kodim 0501/JP, bertempat di Jl. Selaparang Gunung Sahari Utara Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (18/06/2024).

Panen ini dilakukan dalam rangka mensukseskan program Urban Farming Konsep Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, bagian dari ketahanan pangan yang diprakarsai oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc. Kegiatan panen ini merupakan hasil kerjasama antara Urban Farming Se-Koramil Kodim 0501/JP, dan didukung oleh Polres Jakpus dan instansi pemerintah lainnya seperti PPKK.

Dalam kegiatan ini, ibu persit melakukan panen sayur mayur berupa Cabe, Kangkung, dan Bayam, usai mengambil pembagian daging qurban yang dilakukan Kodim 0501 Jakarta Pusat.

Dandim 0501/JP Kolonel Inf I.E. Siregar, S.H., MIPOL, mengatakan keberadaan Urban Farming Kodim 0501/JP sebagai upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Jakarta Pusat, didorong oleh Pangdam Jaya. Selanjutnya, hasil panen langsung dibagikan kepada ibu persit dan anggota khususnya personel Kodim 0501/JP yang bahu membahu merawat sejak disemai sampai tumbuh dan tiba waktunya di panen sekalian tambahan masakan Idul adha, kata Dandim.

Dandim 0501/JP juga menjelaskan bahwa tujuan Urban Farming ini selain untuk ketahanan pangan juga dapat mengedukasi masyarakat Jakarta Pusat untuk dapat memanfaatkan lahan dilingkungan dengan bercocok tanam dengan menggunakan media tanam Polybag seperti yang kita lakukan saat ini menanam diatas aspal. Lokasi yang sulit dan lahan sempit.

“Lahannya juga dimanfaatkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat di sekitarnya dengan menggunakan media tanam polybag.” Jelasnya.

Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat sekitar, terutama dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka. Kami juga berharap dapat membangun kesadaran dalam pentingnya ketahanan pangan dan lingkungan bagi kita semua,” harapnya.

Menurut Dandim 0501/JP, Urban Farming dapat meningkatkan ketersediaan pangan, karena dengan melakukan bercocok tanam di atas lahan yang tersedia seperti yang dilakukan Kodim 0501/JP menanam diatas aspal juga bisa sukses Panen Sayur Mayur dengan menggunakan media tanam polybag, ungkapnya

Mengenai penanaman sayur mayur dapat dilakukan baik dalam jumlah besar maupun kecil tergantung dari luas lahan, tetapi hasilnya dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi keluarga dan bercocok tanam sayur mayur dapat dilakukan secara berkesinambungan,”tambahnya.

Dandim 0501/JP juga mengungkapkan mengenai perawatan Urban Farming Kodim 0501/JP, kita cenderung menggunakan pupuk organik dan bebas dari bahan kimia. Dengan mengkonsumsi hasil panen dari urban farming ini, masyarakat dapat meningkatkan asupan nutrisi dan memperbaiki kualitas kesehatan.” Pungkasnya.

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Kaesang Pangarep
Jakarta Region

Yusuf Hamka Siap Dampingi Kaesang di Pilkada Jakarta

JAKARTA, Bisnistoday - Kader Senior Partai Golkar, Yusuf Hamka alias Babah Alun...

BPN Kota Depok
Jakarta Region

BPN Kota Depok Ingatkan Waspada Sertifikat Tanah Palsu

DEPOK, Bisnistoday - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok kembali mengingatkan masyarakat...

Jakarta Region

Pekerja J&T Ekspress Gelar Unjuk Rasa Tuntut Hentikan Pemotongan Upah

JAKARTA, Bisnistoday - Para Pekerja pada salah satu perusahaan logistik/ ekspedisi pengiriman...

Jakarta Region

KPK Diminta untuk Investigasi Audit Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI di Kota Bekasi

JAKARTA, Bisnistoday- Beberapa waktu lalu, Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) menyambangi...