www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 26 April 2025
Home METRO Jakarta Region KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk untuk Angkutan Lebaran 2025
Jakarta Region

KCIC Siapkan 808 Ribu Tempat Duduk untuk Angkutan Lebaran 2025

Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Selama masa angkutan Lebaran 2025, yang berlangsung selama 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, PT KCIC mengoperasikan 62 perjalanan reguler per hari, meningkat 20% dibanding angkutan Lebaran tahun lalu yang hanya mencapai 52 perjalanan per hari.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan secara total, KCIC menyediakan sebanyak 808.946 tempat duduk dalam 1.346 perjalanan Whoosh selama masa angkutan Lebaran 2025. Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, terutama pada tanggal-tanggal favorit yang diprediksi terjadi pada 5 April atau H+2 Lebaran.

KCIC juga telah mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang diperkirakan terjadi sejak 21 Maret 2024, seiring dengan dimulainya libur sekolah dan kebijakan Work From Anywhere (WFA) yang diterapkan pemerintah. Selain itu, libur Nyepi pada 28 Maret juga diperkirakan akan meningkatkan jumlah penumpang Whoosh secara bertahap.

Masyarakat diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan membeli tiket secara online agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Hal ini dikarenakan tren pembelian tiket Whoosh, di mana sekitar 85% penumpang membeli tiket pada hari keberangkatan.

“Kami memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30%, mencapai hingga 24 ribu penumpang per hari. Sebagai perbandingan, pada hari kerja biasa, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16-18 ribu per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18-21 ribu penumpang per hari,” ujar Eva.

Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri.

Selain itu, KCIC juga menugaskan sebanyak 688 petugas layanan termasuk Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh.

Sementara dari sisi kesiapan fasilitas pendukung, KCIC juga telah melakukan pengecekan agar seluruhnya dalam kondisi baik untuk dimanfaatkan penumpang.

Adapun sejumlah fasilitas layanan yang telah disiapkan diantaranya area bermain anak, ruang tunggu, ruang VIP, jalur khusus disabilitas, ruang ibu menyusui, pos kesehatan, pos pengamanan, parkir, dan lainnya yang dapat menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan.

Sebagai bagian dari peningkatan layanan selama Ramadan, KCIC bersama para tenant dan UMKM di Stasiun Whoosh menghadirkan berbagai promo dan diskon menarik bagi para penumpang.

“KCIC berkomitmen untuk menghadirkan layanan transportasi yang andal dan nyaman bagi masyarakat selama periode angkutan Lebaran. Dengan berbagai kesiapan yang telah dilakukan, kami siap melayani lonjakan penumpang dan memastikan perjalanan yang lancar serta menyenangkan bagi seluruh pengguna Whoosh,” tambah Eva.//

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

TAWWAFI TOUR LUNCURKAN PAKET UMROH

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

KA Whoosh
Jakarta Region

Puncak Arus Balik, Penumpang Whoosh Disarankan Gunakan KA Feeder dari Bandung

JAKARTA, Bisnistoday - KCIC memprediksi hari ini, Minggu 6 April 2025, akan...

Menteri PU
Jakarta Region

Normalisasi Sungai Ciliwung Dilanjutkan, Menteri PU Targetkan Tuntas 2026

JAKARTA, Bisnistoday – Pemerintah memastikan kelanjutan program normalisasi Sungai Ciliwung sebagai bagian...

Jakarta Region

Danramil 01/Menteng Hadiri Buka Puasa Bersama di Mapolsek Metro Menteng

JAKARTA, Bisnistoday - Dalam upaya mempererat sinergi dan menjaga keamanan serta ketertiban...

Jakarta Region

Babinsa Koramil 02/SB Laksanakan Patroli Keamanan Menggunakan Mobil Maung

JAKARTA, Bisnistoday - Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama bulan...