www.bisnistoday.co.id
Jumat , 23 Februari 2024
Home NASIONAL & POLITIK Kementerian ATR/BPN Gelar Ujian Kompetensi Juknis PTSL
NASIONAL & POLITIK

Kementerian ATR/BPN Gelar Ujian Kompetensi Juknis PTSL

pelatihan PTSL
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- Saat ini pandemi Covid-19 masih menyebar di seluruh Indonesia, tetapi tidak menjadi hambatan bagi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk terus melaksanakan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM), Kementerian ATR/BPN menggelar uji kompetensi e-sosialisasi Petunjuk Teknis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di lingkungan Kementerian ATR/BPN melalui Video Conference, Selasa (9/6).

“Ujian ini merupakan refleksi dari pembelajaran yang kemarin pada saat sosialisasi. Juga diharapkan dapat memberikan kepastian persepsi yang sama.”

Deni Santo

Sebelumnya, PPSDM juga melaksanakan kegiatan e-sosialisasi PTSL tahun 2020 pada tanggal 2 s.d. 5 Juni 2020 lalu. “Ujian ini merupakan refleksi dari pembelajaran yang kemarin pada saat sosialisasi. Juga diharapkan dapat memberikan kepastian persepsi yang sama,” ujar Kepala PPSDM, Deni Santo.

Deni Santo lebih lanjut menjelaskan bahwa uji kompetensi PTSL ini merupakan komitmen pimpinan maka harus dilaksanakan dengan serius juga. “Masih banyak persepsi yang tidak sama sehingga hasilnya juga bisa berbeda. Ini merupakan permintaan pimpinan, sampai sejauh mana peserta memiliki persepsi yang sama,” ungkapnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Menteri ATR/Kepala BPN pada Video Conference sebelumnya bahwa fokus program PTSL bukan hanya pada kuantitas tetapi harus juga memikirkan kualitas. Maka tahun ini, ditetapkan sebagai tahun peningkatan kualitas PTSL.

Sejak hadirnya program PTSL tahun 2017, Kementerian ATR/BPN mampu mendaftarkan lebih dari target yang sudah ditetapkan Presiden. Tahun 2017, Kementerian ATR/BPN mampu mendaftarkan 7 juta bidang tanah dari target 5 juta bidang tanah. Pada tahun berikutnya, bahkan mampu mendaftarkan 9 juta bidang tanah dari target 7 juta bidang tanah. Tahun 2019 meningkat lagi, dari target 9 juta berhasil mengeluarkan produk sampai dengan 11 juta lebih. Tahun 2020, Kementerian ATR/BPN mendapatkan target PTSL sebanyak 10 juta bidang tanah.

Diikuti Ribuan ASN

Uji kompetensi ini dilaksanakan melalui Video Conference diikuti oleh 1.800 orang peserta dibagi menjadi 2 (dua) klaster (5 kelompok) yang terdiri dari Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Infrastruktur Pertanahan serta Ketua Ajudikasi PTSL. PPSDM selaku Panitia Penyelenggara sangat berharap agar banyak peserta yang mampu menyelesaikan soal uji kompetensi ini dengan baik.

Diharapkan dengan adanya pelaksanaan uji kompetensi e-sosialisasi Petunjuk Teknis PTSL ini, dilakukan proses untuk terus belajar dari kekurangan sehingga dapat diperbaiki. Dengan begitu Kementerian ATR/BPN dapat terus berkomitmen Melayani, Profesional dan Terpercaya terhadap masyarakat.

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

NASIONAL & POLITIK

Curhatan Relawan Anies di “Tembok Harapan” AMIN

JAKARTA,Bisnistoday-Relawan calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan di Jakarta Utara,...

NASIONAL & POLITIK

Ini Jadwal Kampanye Perdana Anies Baswedan

JAKARTA,Bisnistoday-- Calon presiden Anies Baswedan memulai kampanye perdana untuk Pemilu Presiden (Pilpres)...

HEADLINE NEWSNASIONAL & POLITIK

Jokowi Sebut Milenial dan Gen-Z Calon Pemimpin Masa Depan, Kode Buat Gibran?

JAKARTA, Bisnistoday - Presiden Jokowi mengatakan jika generasi milenial dan Gen Z...

NASIONAL & POLITIK

Firli Bahuri Diperiksa Tiga Jam oleh Dewas KPK

JAKARTA,Bisnistoday-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjalani klarifikasi selama tiga jam...