www.bisnistoday.co.id
Jumat , 23 Februari 2024
Home EKONOMI Ketua DPD RI: Program Food Estate Mulai Dirasakan Manfaatnya
EKONOMI

Ketua DPD RI: Program Food Estate Mulai Dirasakan Manfaatnya

Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- Program lumbung pangan atau food estate yang dicanangkan pemerintah di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, mulai dirasakan manfaatnya. Saat ini, di lokasi tersebut telah dilakukan panen bawang dan kentang.

Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti saat mengunjungi lokasi panen bawang dan kentang, mengatakan, program lumbung pangan merupakan strategi pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan.

Food estate adalah program yang penting. Program ini mendukung kedaulatan pangan dengan meningkatkan produktivitas,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (15/2).

Menurut LaNyalla, proyek lumbung pangan digarap untuk menanam berbagai komoditas, sehingga pada saat panen, kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur ini menambahkan bahwa panen bawang merah, bawang putih, dan kentang yang dilakukan di Kabupaten Humbang Hasundutan sangat bernilai ekonomis.

“Panen ini kita harapkan dapat menguntungkan petani. Dengan produktivitas yang tinggi, maka meningkat pula penghasilan petani. Tidak hanya itu, kebutuhan masyarakat terhadap komoditas ini pun menjadi terpenuhi,” kata dia.

Baca juga : Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Kalteng

LaNyalla berharap keberhasilan panen ini bisa menghentikan impor, khususnya untuk komoditas tersebut. Senator asal Jawa Timur ini juga berharap lahan yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk mendukung pertanian.

“Berdasarkan informasi yang kita terima, lahan food estate yang belum dibuka masih luas sekitar 700-an hektare. Kita berharap lahan ini dapat dimanfaatkan oleh petani dan juga para investor agar kebutuhan pangan masyarakat bisa terpenuhi,” kata dia.

Terkait permasalahan yang dihadapi petani terkait penyakit tanaman ataupun langkah peningkatan produksi, LaNyalla berharap petani dan investor dapat bekerja sama dengan perguruan tinggi bidang pertanian./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Lifting MIgas
EKONOMI

Lifting Migas Kepri Diatas Target

TANJUNG PINANG, Bisnistoday - Lifting migas Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 tercatat...

EKONOMI

Lima Bendungan Siap Diresmikan Tahun Depan

JAKARTA, Bisnistoday  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat...

EKONOMI

HCML Dukung Target Pencapaian SKK Migas 

PASURUAN, Bisnistoday – Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky – CNOOC Madura Limited...

EKONOMI

Pemerintah Mesti Awasi Ketat Jika TikTok Shop Kembali Buka

JAKARTA, Bisnistoday - TikTok Shop telah resmi ditutup pemerintah selama sebulan lebih,...