www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 24 Februari 2024
Home NASIONAL & POLITIK Lingkungan Kolong Flyover Purwosari Jadi Ruang Publik Interaktif
LingkunganNASIONAL & POLITIK

Kolong Flyover Purwosari Jadi Ruang Publik Interaktif

RUANG TERBUKA PUBLIK : Flyover Purwosari, di Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo/Surakarta kini dimanfaatkan juga sebagai ruang terbuka publik.
Social Media

SURAKARTA, Bisnistoday – Setelah setahun lebih beroperasi resmi usai diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono pada Februari 2021 lalu, Flyover Purwosari, di Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo/Surakarta kini dimanfaatkan juga sebagai ruang terbuka publik. Hal ini memang sudah direncanakan sejak awal pembangunan dengan disediakannya ruang terbuka berupa tempat bermain skateboard dan sepatu roda di bagian bawah (kolong) flyover.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono  mengatakan, Flyover Purwosari dibangun untuk mengatasi masalah kemacetan yang kerap terjadi pada jam sibuk di Jalan Slamet Riyadi yang dilalui arus lalu lintas dari arah Kartosuro (Yogyakarta/Semarang) menuju pusat Kota Solo. 

Galang, salah seorang warga sekitar Flyover Purwosari mengatakan, saat ini dengan keberadaan tempat tersebut sangat membantu dirinya dan teman-temannya untuk latihan skateboard bersama. 

“Bagus tempatnya dan gratis. Karena di bawah flyover, main skateboard di sini juga jadi tidak kepanasan dan kehujanan. Tidak ada halangan bisa hampir setiap hari kami kumpul di sini,” kata Galang. 

Wahana Bermain Warga

Senada dengan Galang, rekan bermainnya yang bernama Momon juga mengaku sangat senang dengan dibangunnya Flyover Purwosari berikut fasilitas ruang terbuka arena bermain di bawahnya. 

“Sebelum ada jembatan ini, jalan ini selalu macet parah kalau ada kereta sedang lewat, karena posisinya persis sebelah Stasiun Puwosari. Sekarang enak sudah tidak macet, bisa jadi tempat bermain juga,” ujar Momon.

Flyover Purwosari ini dibangun dengan menggunakan Teknologi Corrugated Mortar Busa yang mengkombinasikan dua bahan untuk struktur bangunan atas jembatan yaitu baja struktur bergelombang dengan material ringan Mortar Busa.

Keberadaan Flyover Purwosari ini sangat vital sebagai  gerbang masuk Kota Solo dari arah barat. FO. Di bagian ujung tepat sebelum memasuki FO Purwosari dipercantik dengan ilustrasi tarian gambyong yang merupakan tarian tradisional selamat datang dari Jawa Tengah./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Pertamina
Lingkungan

Pertamina Dukung Gerakan Tanam Seratus Ribu Pohon

JAKARTA, Bisnistoday - PT Pertamina (Persero) proaktif  mewujudkan keberlanjutan lingkungan untuk mencapai...

Terumbu Karang
Lingkungan

KKP Gandeng Multistakeholder Rehabilitasi Terumbu Karang

JAKARTA, Bisnistoday  – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng multistakeholder untuk program...

Lingkungan

AKSI Minta Standarisasi SNI Knalpot Segera Diterbitkan

JAKARTA, Bisnistoday - Ketua Asosiasi Knalpot Seluruh Indonesia (AKSI), Asep Hendro berharap...

MENPERIN
Lingkungan

Industri Mesti Berkontribusi Perbaikan Lingkungan

JAKARTA, Bisnistoday- Menteri Perindustrian mengajak berkomitmen industri terhadap pelestarian lingkungan. Hal ini,...