www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home NASIONAL & POLITIK Lingkungan Menteri Basuki Tandatangani “Joint Statement on the Green Transition Initiative” 
Lingkungan

Menteri Basuki Tandatangani “Joint Statement on the Green Transition Initiative” 

ENERGI HIJAU : Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Republik Korea Han Wha Jin menandatangani Joint Statement on the Green Transition Initiative di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).
Social Media

BALI, Bisnistoday – Dalam rangka penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tahun 2022 di Bali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Lingkungan Republik Korea Han Wha Jin menandatangani Joint Statement on the Green Transition Initiative di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11). 

Joint statement tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU Pembangunan Infrastruktur Hijau yang telah ditandatangani pada 15 Maret 2022 silam di Labuan Bajo. 

“Kita sadari bahwa perubahan iklim tidak mungkin bisa kita hadapi sendirian. Sehingga kami sangat berterima kasih atas kerja sama Korea Selatan untuk pengembangan infrastruktur hijau,” kata Menteri Basuki. 

Kerja sama bidang infrastruktur hijau ini mencakup manajemen sumber daya air dan penyediaan air bersih, konstruksi bangunan efisiensi energi, kota eco-smart, serta identifikasi dan infrastruktur untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

“Kami juga mengapresiasi rencana Korea Selatan untuk ikut partisipasi membangun sistem penyediaan air bersih di IKN Nusantara. Rencana awal konstruksi akan dimulai pada tahun 2024, namun kami berharap dapat dipercepat proses penyusunan rencana teknis rincinya, sehingga dapat mulai dibangun instalasinya pada tahun 2023,” ujar Menteri Basuki.

Kegiatan WWF ke 10

Menteri Basuki juga mengungkapkan harapan agar Pemerintah Republik Korea  dapat ikut aktif mendukung persiapan hingga pelaksaan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada 18-24 Mei 2024 di Bali. Sebelumnya pada 10 November 2022 telah dilakukan penandatanganan Framework Agreement 10th World Water Forum antara Pemerintah Indonesia dengan World Water Council (WWC).

“Kami akan bekerja dengan cermat karena waktu persiapan kurang dari 2 tahun. Kami berharap Republik Korea dapat ikut berpartisipasi aktif untuk membantu kami dalam persiapan 20th World Water Forum ini,” harap Menteri Basuki./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

LingkunganNASIONAL & POLITIK

Tambak Ilegal Marajai Wilayah Karimun Jawa

KARIMUN JAWA, Bisnistoday- Pemerintah Provinsi dan Pusat selayaknya turun tangan untuk menyelesaikan...

LingkunganNASIONAL & POLITIK

Pelepasliaran Anakan Hiu di Raja Ampat

JAKARTA, Bisnistoday-  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama para pemangku kepentingan di...

Lingkungan

KKP Kuburkan Paus yang Terdampar Mati di Bali

JAKARTA, Bisnistoday- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir...

LingkunganNASIONAL & POLITIK

Indonesia Rentan Terdampak Perubahan Iklim

JAKARTA, Bisnistoday- Indonesia termasuk negara yang rentah terdampak perubahan iklim. Hal ini...