www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home NASIONAL & POLITIK Nasional Pansus Angket Haji Beraroma Politik Praktis Rivalitas Antar-Kelompok
Nasional

Pansus Angket Haji Beraroma Politik Praktis Rivalitas Antar-Kelompok

Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Direktur Center for Economic and Democracy Studies (Cedes) Zaenul Ula melihat aroma politik terasa kental mewarnai putusan Rapat Paripurna Pengesahan Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Angket Haji, Selasa, 9 Juli 2024.

Setidaknya ada dua indikator untuk bisa sampai pada simpulan tersebut. Pertama, proses pelaksanaan Ibadah Haji 2024 secara resmi baru selesai pada 23 Juli 2024 mendatang (kepulangan jemaah terakhir ke Tanah Air).

“Evaluasi dan kritik terhadap pelaksanaan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah seperti pelaksanaan ibadah haji itu boleh-boleh saja, apalagi untuk perbaikan, sangat baik. Tapi tetap harus dengan cara yang baik dan benar juga prosesnya,” ujar Zaenul Ula, Selasa (09/07).

Zaenul melihat seperti ada “udang di balik batu” dari proses terbentuknya Pansus Angket Haji 2024 ini. Sebab, prosedur pembentukannya terkesan buru-buru. Seperti mengejar waktu. Sangat terlihat, bagi masyarakat awam sekalipun. Padahal, proses pelaksanaan haji yang mau dievaluasi tersebut belum selesai.

“Saya dengar proses pengusulan tidak memenuhi perayaratan perundang-undangan terkait jumlah pengusul dan tidak melalui Bamus (Badan Perumus), serta pandangan fraksi-fraksi,” ungkapnya.

Kedua, lanjut dia, ada rivalitas kelompok yang mencoba memanfaatkan institusi DPR untuk melakukan pressure. “Saya menduga, ini masih ada kaitannya dengan rivalitas dan dukung-mendukung di momen Pilpres 2024, yang berlanjut hingga sekarang,” ujarnya.

Baca juga: Biaya Perjalanan Ibadah Haji Ditetapkan Rp49,8 Juta

Untuk itu, dia berharap, kekuatan politik di parlemen jangan terpancing untuk ikut dalam tarik-menarik kepentingan politik antar-kelompok tersebut. “Ini tidak baik untuk pembelajaran politik ke publik. Karena pembentukan Pansus Angket harusnya didasarkan kepada urgensi, bukan kepentingan politik sesaat,” tandasnya./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Angkutan Kereta
Nasional

KAI Mengajak Penumpang Jaga Ketertiban

JAKARTA, Bisnistoday - PT Kereta Api Indonesia (Persero) merespons isu viral di...

Tanah Aceh
Nasional

Penyelesaian Lahan Para Eks Kombatan GAM Dipercepat

BANDA ACEH, Bisnistoday - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional...

Nasional

Beda Opini Anggota Timwas Haji, Ini Sederet Faktanya

JAKARTA, Bisnistoday - Kendati pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Penyelenggaraan Haji...

sekjen pupr
Nasional

PUPR Bersama Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Program Penurunan Stunting

CIREBON, Bisnistoday - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai salah...