www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home METRO Jakarta Region Pertamina Lakukan Aksi Bersih Sungai Ciliwung
Jakarta RegionMETRO

Pertamina Lakukan Aksi Bersih Sungai Ciliwung

PT Pertamina melalui anak usahanya PT PHR melakukan aksi bersih sungai Ciliwung sebagai tanggungjawab sosial perusahaan.

AKSI BERSIH CILIWUNG : PT Pertamina melalui PT PHR lakukan aksi bersih Ciliwung.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (DitJen PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Aksi Susur Sungai dan Gerakan Bersih Sungai Ciliwung, Sabtu, (21/1). Titik susur sungai sejauh sekitar 5 km, mulai dari Jembatan Panus, Kecamatan Pancoran Mas sampai dengan Kopi Ciliwung Kecamatan Beji, Kota Depok.

Direktur Utama PHR, Jaffee A. Suardin mengutarakan, ditengah tuntutan peningkatan produksi migas di Wilayah Kerja (WK) Rokan, PHR senantiasa berupaya melakukan keseimbangan antara peningkatan produksi migas dan kelestarian lingkungan.

“Aksi ini sekaligus memperkuat kolaborasi PHR dan DitJen PPKL KLHK untuk bersama-sama peduli akan ekosistem lingkungan sungai, perlindungan dan pengelolaan mutu air,” ujar Jaffee.

Dirjen PPKL KLHK Sigit Reliantoro menambahkan. sungai bisa menjadi tempat wisata yang dinikmati keindahan alammya dan dapat bermanfaat bagi masyakarat

“KLHK secara berkala melalukan pemantauan kualitas air sungai tidak hanya di Sungai Ciliwung, tapi di seluruh sungai yang ada di Indonesia. Ditambah lagi dengan kekuatan dan pendekatan berbasis komunitas, saat ini bahkan sudah ditemukan lagi spesies ikan, udang kecil,” terangnya.

Sampah anorganik seperti plastik, styrofoam dan tekstil yang terkumpul dari kegiatan ini ditimbang untuk dapat didaur ulang dengan melibatkan penggiat lingkungan yang memiliki kemampuan dalam mendaur ulang sampah plastik dan tekstil.

Sensus Sampah

Selain itu, ada pula agenda sensus sampah yang dapat mengidentifikasi identifikasi sampah untuk dapat diketahui jenis dan volumenya. Dengan mengetahui jenis dan volumenya, kegiatan sensus sampah tersebut dapat memetakan sumber-sumber pencemar dominan yang berdampak pada kelestarian sungai.

 “Dilaksanakannya kegiatan ini juga untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk sadar dan berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian sungai. Sungai bukanlah tempat membuang sampah” pungkas Jaffee.

PHR juga tengah membangun fasilitas wetland di area operasi WK Rokan dalam mengelola air terproduksi berbasis Natural Based Solution (NBS) sebelum dialirkan ke badan air. Fasilitas wetland ini merupakan wetland pengolah air terproduksi berbasis NBS pertama dalam industri migas di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, PHR tengah mengembangkan fasilitas Ecoriparian dan pengambangan Taman Keanekaragaman Hayati (KEHATI) di Universitas Lancang Kuning (UNILAK) dan merupakan fasilitas ecoriparian pertama dan terdepan untuk melestarikan ekosistem hutan rawa Sumatera yang berada di tengah kota Provinsi Riau./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

Kilas MetroMETRO

Kapendam Jaya Lepas Personel Purnatugas PNS Sri Hertina

CILILITAN, Bisnistoday-, Kapendam Jaya Kolonel Cpm Dwi Indra Wirawan, memimpin langsung pelepasan...

Jakarta RegionMETRO

Pj  Gubernur DKI Diminta Bongkar Data Bansos Covid-19

JAKARTA, Bisnistoday – Pengamat kebijakan publik, Sugiyanto mendesak Pj Gubernur DKI Jakarta...

Jakarta RegionMETRO

Jasa Marga Lakukan Pengaturan Lalin Tol Japek

KARAWANG, Bisnistoday  -Grup usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yakni PT Jasamarga...

HEADLINE NEWSJakarta RegionMETRO

Proyek Sodetan Ciliwung Tuntas Akhir April 2023

JAKARTA, Bisnistoday – Presiden Joko Widodo menyatakan pembangunan Sodetan Ciliwung dapat tuntas...