www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home BURSA & KORPORASI Rating Kredit Waskita Beton Precast Meningkat
BURSA & KORPORASIKorporasi

Rating Kredit Waskita Beton Precast Meningkat

KINERJA PERUSAHAAN : Rating PT Waskita Beton Precast meningkat.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) mengumumkan peningkatan rating untuk Korporat dan Obligasi Tahap I & Tahap II PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) dari idD menjadi idB dengan outlook stable. Sebelumnya, PEFINDO menetapkan rating idD akibat default kewajiban pembayaran bunga obligasi WSBP pada Januari 2022 setelah WSBP ditetapkan dalam status PKPU Sementara.

Peningkatan rating korporat dan obligasi WSBP tersebut menindaklanjuti efektifnya skema restrukturisasi keuangan berdasarkan Perjanjian Homologasi antara WSBP dan seluruh kreditur. Lebih lanjut, PEFINDO pun menilai bahwa WSBP memiliki posisi yang baik di industri manufaktur beton precast dan readymix.

PEFINDO pun mengatakan terdapat potensi untuk kembali meningkatkan rating obligasi WSBP, apabila seluruh kewajiban dalam skema restrukturisasi dapat diselesaikan dengan baik dan WSBP dapat meningkatkan kinerja operasional dan arus kas secara berkelanjutan.

“WSBP mengapresiasi peningkatan rating yang dikeluarkan oleh PEFINDO,” ujar Asep Mudzakir, Director of Finance & Risk Management WSBP. “Peningkatan rating ini mencerminkan kemajuan progress restrukturisasi dan pemulihan kinerja keuangan WSBP,” lanjutnya.

Fokus Transformasi Bisnis

Asep menjelaskan bahwa saat ini fokus manajemen WSBP adalah mengimplementasikan seluruh ketentuan dalam Perjanjian Perdamaian dan menjalankan program-program transformasi bisnis perusahaan.

Proses implementasi skema restrukturisasi homologasi WSBP terus dilakukan sesuai dengan kesepakatan dalam Perjanjian Perdamaian. Pada 5 Januari 2023 lalu, WSBP telah menerima secara resmi Salinan Putusan Kasasi dari Mahkamah Agung. Dengan telah diterimanya salinan putusan tersebut, maka WSBP berharap proses aksi korporasi sesuai skema restrukturisasi dapat diakselerasi.

WSBP menargetkan pelaksanaan aksi korporasi konversi kewajiban obligasi menjadi Obligasi Wajib Konversi (OWK) dapat segera dilakukan. “WSBP akan melangsungkan RUPO pada tanggal 15 Februari 2023,” ungkapnya.

Selain itu, WSBP akan menyelesaikan konversi penyelesaian utang vendor menjadi saham. “Proses verifikasi tagihan vendor sudah selesai di akhir tahun lalu. Kami targetkan transaksi konversi dapat dilakukan setelah suspensi saham WSBP dicabut dan seluruh persetujuan korporasi diperoleh,” terang Asep.

WSBP pun berkomitmen untuk mengimplementasikan seluruh ketentuan Perjanjian Perdamaian dengan senantiasa memperhatikan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

BURSA & KORPORASIKorporasi

Inilah Skema Baru Kredit Perumahan Usulan BTN

JAKARTA, Bisnistoday- Manajemen PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengusulkan enam skema...

BursaBURSA & KORPORASI

Kurs Rupiah Kian Melemah

JAKARTA, Bisnistoday- Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada...

BursaBURSA & KORPORASI

Naiknya Saham Properti Dorong Penguatan IHSG

JAKARTA, Bisnistoday- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan, Jumat...

BURSA & KORPORASIKorporasi

WSBP Pasok Beton Proyek Jalan Tol Bocimi

JAKARTA, Bisnistoday - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) segera merampungkan suplai...