www.bisnistoday.co.id
Jumat , 23 Februari 2024
Home EKONOMI BPJS Kesehatan Gandeng WeCare.id Optimalkan Program Crowdfunding
EKONOMI

BPJS Kesehatan Gandeng WeCare.id Optimalkan Program Crowdfunding

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Arief Witjaksono Juwono Putro bersama CEO & Pendiri WeCare.id, Gigih Septianto saat (peluncuran fitur program crowdfunding bersama WeCare.id di Jakarta, Jumat (26/3).
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- BPJS Kesehatan menjajaki kerja sama dengan salah satu lembaga fundraiser, WeCare.id untuk mengembangkan fitur donasi pada website BPJS Kesehatan maupun website dan aplikasi WeCare.id. Sinergi ini dilakukan dalam rangka memperluas cakupan peserta JKN-KIS dan meningkatkan kolektibilitas iuran, khususnya dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Arief Witjaksono Juwono Putro mengatakan, BPJS Kesehatan melakukan langkah donasi ini sebagai salah satu alternatif dan inovasi pendanaan. Dengan adanya program crowdfunding ini diharapkan masyarakat Indonesia yang belum terlindungi jaminan kesehatan oleh negara maupun secara mandiri, dapat segera memiliki perlindungan JKN-KIS.

“Bersama WeCare.id, kami mengajak masyarakat yang berkondisi finansial mapan, untuk ikut membantu peserta JKN-KIS dalam membayarkan iuran kepesertaannya melalui program donasi ini,” kata dia melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (29/3).Peluncuran fitur program crowdfunding bersama WeCare.id tersebut dilakukan pada 26 Maret 2021 di Jakarta.

Baca juga : Telkom-BPJS Kesehatan Bersinergi Digitalisasi Pelayanan Kesehatan

Arief mengungkapkan, diluncurkannya program crowdfunding JKN-KIS diharapkan mampu mendorong minat masyarakat untuk membantu sesama agar memiliki perlindungan jaminan kesehatan.

Menurutnya, animo masyarakat untuk berdonasi dalam program crowdfunding JKN-KIS terbilang cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan jumlah dana crowdfunding yang diterima oleh BPJS Kesehatan per 31 Desember 2020 mencapai Rp1,329 miliar dan telah disalurkan kepada 3.784 peserta JKN-KIS.

Seperti diketahui bahwa pandemi Covid-19 saat ini juga berimbas pada kesejahteraan ekonomi masyarakat Indonesia, termasuk peserta JKN-KIS segmen PBPU. Ada yang di-PHK, ada yang mengalami kesulitan finansial, dan akhirnya tidak bisa membayar iuran JKN-KIS mereka sehingga status kepesertaannya menjadi tidak aktif.

Di sisi lain, kata Arief, ada juga kelompok masyarakat tidak mampu yang belum terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). “Di sinilah masyarakat berkondisi finansial mapan bisa ikut berperan membantu kelompok tersebut. BPJS Kesehatan dan WeCare.id siap memfasilitasinya,” ujarnya.

Untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan sumbangannya, WeCare.id telah menyediakan berbagai metode pembayaran yang sangat fleksibel, seperti berbagai uang elektronik, kartu debit/kredit, maupun transfer antar bank dengan virtual account. Masyarakat umum (baik individu, kelompok, maupun institusi) dapat menyalurkan sumbangannya mulai dari Rp 10.000.

“Kami juga secara intens mendorong keterlibatan badan amal, perusahaan, pemberi kerja, dan pihak-pihak lainnya untuk turut berkontribusi mendaftarkan dan membiayai masyarakat sekitar yang belum menjadi peserta JKN-KIS. Hal tersebut juga sebagai bentuk implementasi dari sistem gotong royong yang diterapkan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS,” ujar Arief.

Bantu Masyarakat

CEO & Pendiri WeCare.id, Gigih Septianto, mengaku sangat senang dengan upaya kolaborasi donasi crowdfunding yang diinisiasi oleh BPJS Kesehatan ini. Selama kurang lebih 2 tahun terakhir, WeCare.id juga secara aktif membantu masyarakat kurang mampu untuk membayar iuran BPJS-nya, masyarakat yang dibantu ini secara umum memang memiliki penghasilan bulanan yang kurang dan tanggungan keluarga yang sangat besar sehingga masih sangat sulit bagi mereka untuk bisa mengalokasikan dana untuk pembiayaan kesehatan.

“Besar harapan kami melalui inisiatif gotong royong ini, cakupan kepesertaan aktif BPJS semakin kuat dan tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa mengakses layanan kesehatan yang baik,” kata Gigih.

Ia juga mengungkapkan bahwa animo masyarakat Indonesia untuk bergotong royong meningkat dengan baik sepanjang masa pandemi ini, “Semoga trend gotong royong berdonasi untuk kebaikan ini terus meningkat sehingga masyarakat bisa saling menjaga untuk memenuhi kebutuhan kesehatan bersama.” tambah Gigih. 

WeCare.id merupakan platform penggalangan dana dalam bentuk website dan aplikasi yang didedikasikan khusus untuk membantu kebutuhan medis masyarakat. Melalui WeCare.id, donatur dapat melihat daftar dan informasi para penerima manfaat yang menerima donasi masyarakat./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Lifting MIgas
EKONOMI

Lifting Migas Kepri Diatas Target

TANJUNG PINANG, Bisnistoday - Lifting migas Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 tercatat...

EKONOMI

Lima Bendungan Siap Diresmikan Tahun Depan

JAKARTA, Bisnistoday  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat...

EKONOMI

HCML Dukung Target Pencapaian SKK Migas 

PASURUAN, Bisnistoday – Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky – CNOOC Madura Limited...

EKONOMI

Pemerintah Mesti Awasi Ketat Jika TikTok Shop Kembali Buka

JAKARTA, Bisnistoday - TikTok Shop telah resmi ditutup pemerintah selama sebulan lebih,...