www.bisnistoday.co.id
Senin , 4 Maret 2024
Home LIFESTYLE Wisata & Kuliner Indonesia Jadi Perhatian Pelaku Wisata Dunia
Wisata & Kuliner

Indonesia Jadi Perhatian Pelaku Wisata Dunia

PAMERAN WISATA
PAMERAN WISATA Dunia di Chicago, AS, belum lama ini./
Social Media

​CHICAGO. Bisnistoday – Indonesia kembali menarik perhatian pengunjung pada pameran wisata terbesar di Midwest, Amerika Serikat, yaitu Chicago Travel and Adventure Show 2024 (CTAS 2024) yang berlangsung di Donald E. Stephens Convention Center, Chicago, baru-baru ini.

Booth Indonesia hadir diantara 257 booth CTAS yang berasal dari 157 kalangan industri pariwisata (biro perjalanan, tour operator, perhotelan, penerbangan, kapal pesiar, dan kantor promosi pariwisata) dari 8 negara dan 25 negara bagian AS. Lebih dari 200 ribu pengunjung datang meramaikan CTAS tahun ini.

“Partisipasi Indonesia pada CTAS merupakan peluang yang sangat baik untuk menggarap pasar AS melalui promosi pariwisata Indonesia kepada publik setempat karena diselenggarakan pada awal tahun sebelum liburan musim semi bulan Maret dan April, serta minat dan daya beli warga AS berwisata yang semakin meningkat pasca pandemi.”

“Sementara itu, pemberian fasilitas Visa-on-Arrival dan memasuki era endemi yang kondusif diharapkan semakin meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung, khususnya ke Bali beyond, meski Bali masih menjadi salah satu destinasi pariwisata yang paling banyak ditanyakan oleh kalangan pengunjung pada CTAS setiap tahunnya,” ujar Konjen RI Chicago, Listyowati.

Selama dua hari pameran, pengunjung ke booth Indonesia selalu ramai dan menunjukkan minat dan keinginan yang tinggi untuk berwisata ke Indonesia. “Para pengunjung banyak yang bertanya mengenai destinasi unggulan selain Bali, dan berencana untuk mengunjungi berbagai hidden gems lainnya di Indonesia pada tahun 2024 ini. Mereka juga antusias dengan cukup banyaknya opsi penerbangan yang tersedia dari kawasan Midwest ke Indonesia,” ujar Novi agen Bespoke Travel and Tour.

Promosi Wisata Indonesia

Seperti tahun-tahun sebelumnya, partisipasi Indonesia fokus kepada promosi pariwisata dan seni-budaya Indonesia. Booth Indonesia ditata dengan menampilkan aksesoris khas Indonesia seperti payung bali, kain batik, wayang, topeng tari, dan satu set angklung. Selain itu, juga dipajang sejumlah materi promosi pariwisata Indonesia, seperti brosur pariwisata dan sejumlah kawasan destinasi wisata unggulan Indonesia.​

Saat singgah ke booth Indonesia, Vice President for Sales CTAS, John Spooner, menyampaikan kepada Konjen Listyowati, bahwa CTAS telah berlangsung selama 19 tahun dan pihaknya selalu bekerja sama dan dukung Indonesia dalam beberapa tahun terakhir dan siap berkolaborasi untuk kegiatan mendatang.

Konjen Listyowati menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara CTAS karena telah memfasilitasi promosi pariwisata Indonesia, serta terus mendukung memperkenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia kepada publik AS.

Di tengah kondisi Chicago yang terdampak winter storm dan cuaca dingin ekstrem di bulan Januari, KJRI Chicago kali ini tetap mengoptimalkan CTAS dengan menghadirkan Travel Agent Bespoke Travel and Tour asal Yogyakarta yang dalam dua hari pameran berhasil menggaet sebanyak 70 potential buyer, beberapa order paket tur, serta tawaran kerja sama B2B yang diharapkan berkelanjutan.

Pihak KJRI Chicago juga sekaligus memanfaatkan CTAS sebagai networking event, dan telah menerima tawaran kerja sama dengan beberapa pihak media lokal, travel blogger dan fotografer, serta TV channel di bidang pariwisata.

CTAS merupakan ajang pameran wisata besar di Midwest yang bertaraf internasional. Tidak hanya berbagai booth destinasi wisata, namun juga terdapat suguhan beberapa segmen event lainnya dalam CTAS 2024.

Ajang ini juga menampilkan, Water Sports Pavilion yang khusus yang tampilkan berbagai ekshibitor dan booth terkait wisata dan olah raga air, seperti diving, SCUBA diving, recreational snorkeling, dan paddle board, seminar dan talk show secara terjadwal terkait destinasi wisata, traveling, hobi, pekerjaan, dan kuliner, serta Global Beats Stage yang akan menampilkan berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan dari berbagai destinasi wisata dari seluruh dunia.

KJRI Chicago juga mengajak pengunjung CTAS untuk semakin mengenal keindahan dan keanekaragaman budaya Indonesia, dengan menampilkan tiga tarian pada panggung utama Global Beats Stage pada CTAS 2024 ini, yaitu tari pendet, tari merak dan tari topeng.

Menurut data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf), wisatawan AS yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2022 berjumlah 160.589 orang dan telah terjadi peningkatan sebesar 123% menjadi 358.769 orang wistawan pada tahun 2023.//

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Teh Tarik
Wisata & Kuliner

Teh Tarik Aceh, Hadir Di Depan RS Fatmawati Jakarta Selatan

JAKARTA, Bisnistoday – Bagi anda pecinta kuliner dan teh Tarik, sebuah restoran...

Wisata & Kuliner

Kuliner Unik dan Viral Hadir di Festival Makan Receh, Catat! Besok Hari Terakhir

JAKARTA, Bisnistoday - Jangan ngaku kekinian kalau belum mencicipi kuliner viral dan...

Wisata & Kuliner

ASTINDO Travel Fair: RS di Malaysia Ini Tebar Promo Health Tourism, Berobat Sambil Wisata

TANGERANG, Bisnistoday - Wisata kesehatan atau health tourism menjadi tren baru belakangan...

Wisata & Kuliner

Pantai Motadikin Harus Segera Dibenahi Pemkab Malaka

Keindahan alam pantai Motadikin tetap memantik keinginan para wisatawan datang ke sana...