MALANG, Bisnistoday – Jasa Marga melalui anak usaha PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) melakukan pantauan kesiapan operasional jelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) termasuk penanganan genangan air di KM 67 B arah Surabaya Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.
Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Netty Renova memaparkan untuk bidang layanan preservasi atau pemeliharaan, PT JPM telah melakukan pemeliharaan rutin, periodik, dan pemeliharaan khusus seperti perkuatan lereng dan peningkatan jalan tol.
“PT JPM juga telah menyiapkan tim siaga, pompa portable dan sandbag untuk mengantisipasi genangan maupun kejadian khusus lainnya di Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang.” ujar Netty dalam keterangannya di Malang, Senin (9/12).
Lebih lanjut Netty menjelaskan bahwa kejadian timbulnya genangan yang sebelumnya di KM 67 telah dimitigasi dengan memastikan tidak adanya sumbatan pada saluran air. ”Kami melakukan peninjauan lebih lanjut atas kejadian antrian kendaraan akibat genangan air di KM 67 B arah Surabaya Ruas Jalan Tol Pandaan-Malang pada Hari Minggu, 8 Desember 2024.
“Kami juga memastikan pembersihan genangan air dilakukan secara menyeluruh, termasuk identifikasi sumber air agar tidak terjadi lagi di kemudian hari,” tambah Netty. PT JPM juga melakukan pemasangan sandbag untuk tanggul dan menyediakan pompa air portable sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas saluran air.
Kesiapan Liburan Nataru
Netty menjelaskan, kesiapan layanan operasional PT JPM dalam menghadapi periode libur Nataru sudah dilakukan. “Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas periode Nataru, PT JPM telah menyiapkan layanan operasional.”
Di bidang layanan transaksi, PT JPM memastikan kesiapan gerbang tol dan Mobile Reader (MR) beroperasi secara optimal. Untuk layanan lalu lintas telah disiapkan kendaraan operasional seperti patroli, derek, ambulance, rescue, kamtibmas, water tank, serta perambuan seperti rubber cone dan water barrier./