www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home EKONOMI Kemenperin : IKM Menjadi Penyangga Disaat Krisis
EKONOMIEkonomi & BisnisHEADLINE NEWS

Kemenperin : IKM Menjadi Penyangga Disaat Krisis

Kehadiran industri kecil dan menengah diharapkan mampu menjadi penyangga saat krisis ekonomi global.

INDUSTRI KECIL : Pemerintah dorong geliat para IKM nasional.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- Kementerian Perindustrian mengharapkan pelaku usaha Industri Kecil dan Menengah mampu bertahan ditengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu. IKM juga berperan menggerakkan aliran rantai pasok dari hulu ke hilir yang menciptakan hubungan desa-kota, dan mendistribusikan kekayaan secara merata dengan menyebarkan kegiatan ekonomi.

“IKM juga dapat menjadi penyelamat di berbagai lapisan masyarakat dalam menghadapi gejolak ekonomi pada saat terjadi krisis ekonomi glogal,” terang Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita menyampaikan di Jakarta, Sabtu (21/1).

Lanjut Reni, salah satu sektor industri yang berperan besar bagi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, adalah industri alas kaki. “Adanya SDGs dapat mendukung transformasi industri alas kaki di Indonesia untuk dapat lebih beretika dengan mengupayakan prioritas dan pertimbangan lebih besar terhadap human side (sisi manusia), enviromental side (sisi lingkungan), serta pola organik yang terbentuk pada masyarakat IKM dalam mencapai tujuan bersama,” paparnya.

Reni mengemukakan, industri alas kaki di Indonesia merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi bisnis yang prospektif di pasar lokal dan global. Berdasarkan data World Footwear Yearbook 2022, di tahun 2021 Indonesia merupakan konsumen produk alas kaki terbesar keempat di dunia dengan total konsumsi sebesar 806 juta pasang sepatu atau 3,8% dari total konsumsi produk alas kaki dunia.

“Di tahun 2021, Indonesia juga merupakan eksportir alas kaki terbesar ketiga di dunia setelah China dan Vietnam. Kuantitas ekspor produk alas kaki Indonesia mencapai angka 427 juta pasang, atau 3,3% dari total produk alas kaki yang diekspor di seluruh dunia,” sebutnya.

Konsep Keberlanjutan

Reni mengutarakan, konsep keberlanjutan atau sustainability, saat ini menjadi perhatian banyak pihak, termasuk bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Melalui konsep keberlanjutan, pelaku IKM akan berkontribusi besar terhadap ketercapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

 World Economic Forum juga menyampaikan bahwa salah satu tools dalam SDGs yang sangat berpengaruh untuk menumbuhkan ekonomi yang baik pada negara berkembang maupun negara maju adalah IKM,” katanya.

Menurut Reni, data tersebut menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang positif dan mendukung eskalasi beberapa SDGs, diantaranya SDG1 (menghapus kemiskinan), SDG2 (mengakhiri kelaparan), SDG8 (pekerjaan layak dan pertumbuhan), dan SDG 10 (mengurangi ketimpangan). “Setiap tujuan pada SDGs saling berkaitan, sehingga poin tujuan dari masing-masing SDG secara tidak langsung mempengaruhi tujuan lainnya terutama pada sisi lingkungan,” imbuhnya.

Reni menambahkan, di era industri 4.0, Balai Pemberdayaan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) sebagai salah satu unit kerja Ditjen IKMA, melihat pola dari hubungan dan potensi kemitraan setiap stakeholder pada industri alas kaki membentuk sebuah ekosistem yang bisa dilakukan replikasi dalam dunia digital. Ekosistem ini dapat menghubungkan antar stakeholder dalam pemenuhan kebutuhan yang lebih luas dan diharapkan dapat memberi kebermanfaatan yang lebih besar./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

EKONOMISektor Riil

Produk Olahan Agro Tembus Pasar Uni Eropa

JAKARTA, Bisnistoday - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong produk olahan industri dalam negeri...

EKONOMIEkonomi & BisnisHEADLINE NEWS

Menkeu : Jangan Terlalu Khawatir Tahun Pemilu

BEKASI, Bisnistoday – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Menteri...

EKONOMIEkonomi & Bisnis

Kemnaker Dorong Lahirnya Wirausaha Baru

NGANJUK, Binsistoday - Ratusan pencari kerja, pelaku usaha baru antusias mengikuti acara...

EKONOMIEkonomi Rakyat

Pawon Pengsong, UMK Binaan Menembus Pasar Global

MATARAN, Bisnistoday- Mimpi Nuraida terwujud membawa olahan minuman jahe dan kopinya tembus...