www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home LIFESTYLE Komunitas Kementerian ATR/BPN Gelar Konsolidasi Kehumasan
KomunitasLIFESTYLE

Kementerian ATR/BPN Gelar Konsolidasi Kehumasan

RAKER KEHUMASAN : Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Indra Gunawan saat acara Konsolidasi Kehumasan yang diadakan oleh Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di The Manohara Hotel Yogyakarta, kemarin.
Social Media

YOGYAKARTA, Bisnistoday – Dalam aktivitas kehumasan, perlu dilakukan strategi khusus dalam berkomunikasi dengan target audiens. Memahami karakteristik audiens menjadi salah satu kunci komunikasi. Hal tersebut dimaksud agar penyampaian pesan dapat berlangsung secara komunikatif, efektif, dan efisien. 

Linda Widyastuti, seorang presenter TV swasta dan kreator konten angkat bicara soal branding, baik untuk individu maupun instansi. Dalam branding, penting untuk mengidentifikasi peluang tentang bagaimana pihak eksternal melihat suatu individu maupun instansi. 

“Seperti personal branding, itu bagaimana citra orang yang menilai kita, baik di dunia maya maupun di dunia nyata,” jelasnya pada acara Konsolidasi Kehumasan yang diadakan oleh Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di The Manohara Hotel Yogyakarta, kemarin.

Linda Widyastuti juga menjelaskan, perlu adanya identifikasi target audiens agar kita dapat mengemas pesan sesuai dengan personifikasi sasaran. “Kita perlu tahu generasi apa saja yang ada di Indonesia. Semisal saat ini ada generasi plus gen z, generasi z, generasi milenial, generasi x, dan generasi baby boomers,” ujarnya. 

Menurut Linda Widyastuti, masing-masing generasi memiliki cara komunikasi yang berbeda. “Di Indonesia saat ini, generasi yang mendominasi adalah generasi plus gen z, generasi z, dan generasi milenial. Bahkan generasi milenial paling muda saat ini kelahiran tahun 1990. Masing-masing generasi punya treatment yang berbeda. Seperti generasi plus z dan generasi z, mereka memiliki karakteristik yang begitu kritis,” terangnya. 

Public Speaking

Hal senada diungkapkan oleh Shinta Nurrohmah, praktisi public speaking sekaligus kreator konten. Memahami target audiens atau lawan bicara menjadi salah satu hal penting dalam kegiatan komunikasi seperti public speaking. “Public speaking adalah kemampuan seni berbicara. Kita perlu memahami audiens dengan melihat bagaimana rentang umur mereka, profesi dan sebagainya,” ujarnya. 

Shinta Nurrohmah juga menjelaskan, selain memahami target audiens, artikulasi bicara yang baik, jelas dan benar juga menjadi hal penting. “Artikulasi itu harus, ketika kita bicara dengan publik, dengan penekanan-penekanan yang sesuai dengan materi yang disampaikan, itu membuat target audiens menjadi mengerti apa yang kita sampaikan. Semisal kita bicara secara datar, bisa saja pesan yang kita sampaikan justru tidak mengena,” jelasnya. 

Kegiatan Konsolidasi Kehumasan ini dibuka oleh Kepala Biro Humas, Yulia Jaya Nirmawati dan diikuti oleh seluruh Kepala Bagian Tata Usaha dari Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia. Turut hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Informasi Publik dan Pengelolaan Pengaduan, Adhi Maskawan, serta Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga, Indra Gunawan./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

LIFESTYLETrends & Mode

Bee Gees Inspirasi Utama Album Band Jonas Brothers

JAKARTA, Bisnistoday - Gaya musik Bee Gees yakni grup lawas yang tenar...

LIFESTYLERona & Film

Aindo Hospitality Gelar “Service Attitude Training” Di Bogor

BOGOR,Bisnistoday- Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor dan Dinas...

LIFESTYLESport

Kapoksahli Pangdam Jaya Buka Turnamen Catur Internasional

TANGERANG, Bisnistoday- Dalam rangka Ulang Tahun ke-3, Benteng Kelapa Dua (BKD) Chess...

LIFESTYLEWisata & Kuliner

Pemenang Barista Innovation Challenge Dikirim ke Itali

JAKARTA, Bisnistoday – Pemenang Barista Innovation Challenge (BIC) atau kompetisi meracik kopi...