www.bisnistoday.co.id
Minggu , 19 Januari 2025
Home NASIONAL & POLITIK Nasional Menparekraf: Pelayanan Prima Jadi Daya Tarik Kuat Wisman
Nasional

Menparekraf: Pelayanan Prima Jadi Daya Tarik Kuat Wisman

Menparekraf
MENPAREKRAF, Sandiaga S Uno, saat di Batam./
Social Media

BATAM, Bisnistoday – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan kepuasan layanan yang didapatkan wisatawan akan memberikan dampak yang besar terhadap pengalaman berwisata. Kepuasan pelayana menjadi nilai tambah dah daya tarik untuk mereka datang berkali-kali ke Indonesia.

Hal ini diungkapkan Menparekraf Sandiaga saat hadir di acara “Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Prima Bagi Pengelola Destinasi Pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau” yang digelar Sabtu (30/3) di SwissBell Hotel Harbour Bay, Batam.

Ia mengatakan dari 11,7 juta wisatawan mancanegara di tahun 2023, mereka yang datang berwisata lebih dari dua kali ke Indonesia salah satunya didorong atas pengalaman berwisata yang mereka dapatkan.

“Pengalaman berwisata itu salah satunya didapatkan dari kepuasan atas pelayanan. Faktor ini yang jadi pembeda bagi Indonesia sehingga mereka tertarik untuk datang berkali-kali ke Indoneaia,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kepuasan layanan itu di antaranya mulai dari cara berkomunikasi, sikap, tingkah laku, cara memberikan salam, dan lainnya.

“Wisatawan yang datang itu mereka berkeinginan untuk healing, tapi pasti ada kendala yang akan mereka hadapi mulai dari bahasa juga budaya. Inilah yang harus kita berikan solusi dengan pelayanan yang baik,” kata Sandiaga.

Apresiasi Dinas Pariawisata Kepri

Untuk itu Menparekraf Sandiaga mengapresiasi pelaksanaan acara bimbingan teknis hasil kolaborasi Kemenparekraf dengan Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau. Melalui acara ini diharapkan para peserta yang terdiri dari perwakilan asosiasi juga pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kepulauan Riau dapat meningkatkan pelayanan bagi wisatawan.

“Khususnya untuk melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi agar bisa meningkatkan kualitas pelayanan sehingga menghadirkan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan. Karena kita sedang mengupayakan peningkatan kunjungan wisata yang signifikan,” ujar Sandiaga.

Terlebih Kepulauan Riau merupakan pintu masuk terbesar ketiga wisman yang datang ke Indonesia setelah Bali dan Jakarta.Kepulauan Riau dinilai tidak hanya memiliki daya tarik yang beragam, tapi juga infrastruktur yang baik.

“Karenanya peningkatan kesiapan sumber daya manusia (SDM) ini sangat penting untuk terus memperkuat Kepri sebagai gerbang terbesar ketiga kedatangan wisman ke Indonesia. Agar Kepri lebih siap dari segi pelayanan dan keramahtamahan,” ujarnya./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

TAWWAFI TOUR LUNCURKAN PAKET UMROH

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Proyek Jalan
Nasional

Kementerian PU Percepat Perbaikan Jalan Gondanglegi–Balekambang di Malang

MALANG, Bisnistoday –Menteri Pekerjaan Umum (PU), Dody Hanggodo menyatakan bahwa perbaikan Jalan...

PT KAI
Nasional

Balaiyasa Manggarai Modifikasi Sebanyak 72 Kereta New Generation

JAKARTA, Bisnistoday – PT KAI memperbaharui sarana pada beberapa layanan kereta api...

Menteri P2MI
Nasional

Menteri P2MI Sambangi Kantor B-Universe, Bahas Program Pekerja Migran

JAKARTA, Bisnistoday - Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (P2MI), Abdul Kadir Karding,...

Uchok Sky Khadafi
Nasional

Dianggap Lamban, CBA Desak Mabes Polri Ambil Alih Kasus Dugaan Korupsi Disparekraf DKI Jakarta

JAKARTA, Bisnistoday - Direktur Center For Budget Analisis (CBA), Uchok Sky Khadafi...