www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home HEADLINE NEWS Perdana Menteri Keir Starmer Nahkoda Baru di Inggris
HEADLINE NEWSKawasan Global

Perdana Menteri Keir Starmer Nahkoda Baru di Inggris

PM Inggris
Perdana Menteri Inggris, Keir Starmer./
Social Media

LONDON, Bisnistoday – Perdana Menteri baru Keir Starmer, menggantikan Rishi Sunak setelah partai buruh menang telak dalam pemilu negara Britania ini. PM baru bahkan, mengumumkan beberapa penunjukan kunci untuk kabinet barunya.

Keir Starmer telah menunjuk Angela Rayner sebagai wakil perdana menteri sekaligus sekretaris negara untuk pemerataan, perumahan dan masyarakat. Rayner, yang merupakan tokoh terkemuka Partai Buruh, akan memainkan peran penting dalam mendorong agenda pemerintah pada isu kesetaraan sosial dan reformasi perumahan.

Sementara, Rachel Reeves juga membuat sejarah dengan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai menteri keuangan di Inggris. Dalam 800 tahun sejarahnya, jabatan kepala Departemen Keuangan belum pernah dikomandani perempuan hingga saat ini.

“Merupakan kehormatan seumur hidup saya untuk diangkat menjadi Menteri Keuangan. Pertumbuhan ekonomi adalah misi Partai Buruh. Sekarang, itu menjadi misi nasional,” ungkap Reeves seraya mengungkapkan rasa hormatnya atas pengangkatan dirinya.

Pengangkatannya menandai pecahnya salah satu “hambatan tak kasat mata” yang tersisa dalam politik Inggris, sementara jabatan kepala eksekutif DPR di Parlemen Inggris sampai saat ini belum pernah dipegang oleh seorang perempuan.

Sejumlah Menteri Dampingi Keir Starmer

PM baru Keir Starmer juga mengangkat David Lammy sebagai menteri luar negeri, mengambil alih hubungan internasional Inggris selama periode krusial yang ditandai oleh tantangan ekonomi global dan ketegangan geopoliitk

Berikutnya, Yvette Cooper telah ditunjuk sebagai menteri dalam negeri, bertugas mengawasi keamanan dalam negeri, imigrasi, serta hukum dan ketertiban negara. John Healey akan menjabat sebagai menteri pertahanan, jabatan yang bertanggung jawab atas strategi pertahanan negara dan angkatan bersenjata.

Pada pemilihan yang berlangsung pada Kamis, Partai Buruh mengamankan 412 kursi di 650 daerah pemilihan dengan perolehan 33,7 persen suara. Sedangkan Partai Konservatif, yang memerintah negara itu selama 14 tahun terakhir, mengalami kekalahan besar dengan kehilangan 250 kursi, dari 471 menjadi 141, dengan perolehan 23,7 persen suara./Ant/

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Gedung Kemendikbudristek
HEADLINE NEWS

Tata Ulang Sistem Pembiayaan Sektor Pendidikan

JAKARTA, Bisnistoday – Pemerintah dan Legislatif diminta untuk menata ulang fokus pembiayaan...

Timnas Spanyol
HEADLINE NEWS

Spanyol Juara Euro 2024 Usai Tumbangkan Inggris

JAKARTA, Bisnistoday – Terjawablah sudah spekulasi juara Euro 2024, bahwa Timnas Spanyol...

Donald Trump
Kawasan Global

FBI Ungkap Identitas Pelaku Penembakan Donald Trump

WASHINGTON, Bisnistoday - Didalam rapat umum di Negara Bagian Pennsylvania pada Sabtu waktu...

Donald Trump
HEADLINE NEWS

Donald Trump Ditembak Saat Berpidato

MOSKOW, Bisnistoday  - Mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump Ditembak saat muncul...