JAKARTA, Bisnistoday – Sebagai Subholding Beyond kWh dari PT PLN (Persero), PLN Icon Plus yang bergerak dalam bidang teknologi dan telekomunikasi memastikan keandalan kelistrikan dan konektivitas jaringan selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Kegiatan ini sebagai antisipasi menghadapi potensi lonjakan permintaan layanan. Apel Siaga layanan diselenggarakan secara serentak di unit-unit PLN di seluruh Indonesia.
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, menyampaikan pentingnya menjaga keandalan pasokan listrik selama periode libur akhir tahun. “Satu, listriknya tidak ada gangguan. Kalau yang pakai mobil listrik, bisa sampai tujuan dengan nyaman dan juga selamat sampai tujuan. Sehingga bisa berkumpul, menikmati kebahagiaan dengan keluarga masing-masing. Itu adalah tujuan kita,” ungkap Darmawan.
Ia juga menegaskan komitmen PLN untuk menjaga keandalan layanan listrik dalam melayani kebutuhan pelanggan. “Kita memastikan, pertama adalah pasokan energi primer kita handal. Kita pastikan jalur transmisinya handal, jalur distribusinya aman dan prima. Kita juga pastikan fasilitas untuk kendaraan listrik, seperti SPKLU dan SPBKLU, juga handal,” tambahnya.
PLN Icon Plus SBU Sumbagsel melaksanakan Apel Siaga serentak se Indonesia dengan berkolaborasi di kantor Induk PLN setempat di wilayah kerja Regional Sumbagsel pada Senin, 16 Desember 2024, yaitu di PLN UID S2JB di Palembang, PLN UID Lampung di Bandar lampung dan UIW Bangka Belitung di Pangkal Pinang. Dalam kegiatan siaga ini, PLN Icon Plus berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Sinergi ini bertujuan memastikan kegiatan perayaan dan liburan dapat berjalan lancar, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan.
Pada apel Siaga ini, PLN Icon Plus berkomitmen dalam memberikan layanan optimal kepada pelanggan, terutama di momen-momen penting dengan aktivitas masyarakat yang meningkat signifikan. Kegiatan ini melibatkan personel siaga yang terdiri dari tim teknis, pengawas, dan dukungan operasional. Selain itu, sejumlah unit kendaraan operasional juga dikerahkan untuk mempercepat respons dalam penanganan gangguan maupun penyediaan layanan tambahan selama liburan.
Dengan menyediakan konektivitas andal, PLN Icon Plus berkomitmen untuk memastikan kelancaran jalannya perayaan hari besar Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang akan berlangsung sejak tanggal 18 Desember 2024 sampai 8 Januari 2025 nanti.
General Manager PLN Icon Plus SBU Regional Sumbagsel, Yan Alfino Simanjutak, menyebut pentingnya kolaborasi dan kesiapan tim untuk menjamin keandalan layanan. “Kami memastikan setiap lokasi siap menghadapi potensi gangguan maupun peningkatan permintaan selama periode liburan. Pelanggan dapat terus mengandalkan layanan tanpa hambatan pada sisi konektivitas,” ujarnya.
Seperti di kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, PLN Icon Plus Unit Layanan Bangka Belitung hadir pada apel siaga kelistrikan di Kantor PLN UIW Bangka Belitung, dengan menyampaikan kesiapan PLN Icon Plus dalam mendukung pelaksanaannya nanti dengan gelar peralatan yang akan digunakan nantinya.
Dalam arahan strategis Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menyampaikan bahwa PLN Icon Plus berfokus pada tiga aspek utama: menjaga keandalan jaringan backbone, memastikan kualitas layanan pelanggan, dan memprioritaskan keselamatan kerja. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan nilai tambah dalam setiap interaksi, terutama di momen penting seperti liburan nataru ini,” ujar Ari.
Langkah strategis ini menegaskan keseriusan PLN Icon Plus dalam membangun kepercayaan masyarakat melalui layanan yang andal dan responsif. Selain memastikan kesiapan teknis, kegiatan ini menjadi bagian dari visi jangka panjang PLN Icon Plus untuk memperkuat posisinya sebagai mitra strategis dalam mendukung kebutuhan pelanggan./