www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home OPINI Profile Ari Hartini: 11 Tahun Membangun Bisnis Lampu Hias Bersama Unique Bali Living
Profile

Ari Hartini: 11 Tahun Membangun Bisnis Lampu Hias Bersama Unique Bali Living

Social Media

DENPASAR, Bisnistoday – Bali, yang dikenal sebagai Pulau Dewata, tak hanya merupakan destinasi wisata yang memukau dengan keindahan alam dan budayanya, tetapi juga pusat kerajinan tangan yang terkenal di dunia. Pulau ini menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, warisan budaya yang kaya, dan kreativitas tanpa batas dari penduduk lokalnya.

Setiap sudut Bali menawarkan pemandangan yang memukau. Mulai dari pantai-pantai berpasir putih yang menghadap laut biru jernih, sawah terasering yang menghijau di Ubud, hingga pemandangan gunung berapi yang menakjubkan. Tidak heran jika Bali menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di dunia, menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya.

Namun, pesona Bali tidak hanya terbatas pada keindahan alamnya. Pulau ini juga dikenal sebagai pusat produksi berbagai jenis kerajinan tangan yang artistik dan berkualitas tinggi. Kerajinan tangan Bali mencakup berbagai produk, mulai dari patung kayu, ukiran batu, perhiasan perak, tekstil tradisional, hingga kerajinan bambu dan rotan. Setiap jenis kerajinan mencerminkan keahlian dan dedikasi para pengrajin Bali yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Desa-desa seperti Ubud, Celuk, Mas, dan Batubulan adalah beberapa contoh tempat di Bali yang terkenal dengan produksi kerajinan tangan mereka. Ubud, misalnya, dikenal sebagai pusat seni dan budaya Bali. Di sini, wisatawan dapat menemukan berbagai galeri seni, pasar seni, dan workshop kerajinan tangan yang memamerkan karya seni lokal. Salah satunya adalah Unique Bali Living milik Ari Hartini yang menawarkan produk kerajinan rumah lampu.

Ari Hartini telah mengabdikan dirinya selama 11 tahun dalam dunia bisnis lampu hias di bawah bendera Unique Bali Living. Perusahaan ini berfokus pada dekorasi rumah, khususnya pembuatan lampu hias seperti bedside lamp, floor lamp, pendant lamp, dan wall lamp dalam berbagai model yang artistik dan elegan.

Berbasis di kawasan Ubud, Denpasar, Unique Bali Living memiliki workshop seluas 500m² dan toko seluas 200m². Tempat ini tidak hanya menjadi pusat produksi tetapi juga sumber inspirasi bagi karya-karya kreatif yang dihasilkan. Sekitar 60 persen dari produk Unique Bali Living diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, Perancis, dan Mauritius. Sementara itu, sisanya dipasarkan di dalam negeri dan banyak digunakan di kafe, hotel, dan restoran yang tersebar di seluruh Indonesia.

Perjalanan Ari Hartini dalam dunia bisnis lampu hias dimulai pada tahun 2013. Pada awalnya, ia merintis usaha dari rumah karena merasa belum cukup percaya diri menghadapi banyaknya pesaing. Namun, dengan ketekunan dan visi yang jelas, pada tahun 2016 Unique Bali Living mulai menunjukkan perkembangan signifikan. Perusahaan ini berkembang dengan 10 karyawan tetap dan menjalin kerjasama dengan belasan pengrajin di luar workshop.

Sebelum mendirikan Unique Bali Living, Ari mengumpulkan pengalaman berharga dari bekerja di beberapa perusahaan swasta, termasuk di bidang cargo forwarder dan perusahaan manufaktur kerajinan tangan. Pengalaman ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola bisnisnya sendiri.

Tidak hanya sukses dalam bisnis, Ari Hartini juga aktif di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI). Ia dipercaya sebagai Ketua Bidang Pemasaran Wilayah Australia, sebuah posisi strategis yang memungkinkan Ari untuk mempromosikan produk mebel dan kerajinan Indonesia di pasar Australia.

Di bawah kepemimpinan Ari Hartini, Unique Bali Living terus berkembang dan menciptakan produk-produk lampu hias berkualitas tinggi yang mampu menerangi ruang dan memberikan sentuhan estetika yang unik. Kisah suksesnya adalah inspirasi bagi banyak pengusaha muda Indonesia yang ingin merintis bisnis di industri kreatif.

Kenapa Ari Hartini memilih home décor yang berkaitan dengan lighting atau rumah lampu sebagai bisnis utama? Jawabnya karena lampu itu identik dengan sinar yang terang. “Jujur saya sendiri sangat menyukai hal-hal yang sifatnya terang atau cahaya, Karena cahaya yang terang itu bagaikan sesuatu yang memberikan harapan kuat dalam kehidupan. Iulah, alasan saya memilih bisnis yang ada kaitannya dengan lampu, agar dapat memberikan secercah harapan dalam hidup maupun bisnis saya dan keluarga,’’ tutur Ari dalam percakapan dengan Bisnistoday Minggu (7/7).

Sejauh ini kata Ari, Unique Bali Living telah terdaftar dan dikenal di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Badung, Bali, sehingga hal ini menjadi jembatan untuk mendapat bantuan berupa fasilitas pameran produk termasuk juga   berupa pinjaman lunak dan KUR dari salah satu BUMN.

Ya, Bali memang contoh sempurna bagaimana keindahan alam, kekayaan budaya, dan keterampilan kerajinan tangan dapat bersatu untuk menciptakan sebuah destinasi yang unik dan menarik. Pulau ini tidak hanya memanjakan mata dan jiwa para wisatawan, tetapi juga menginspirasi dengan karya-karya seni yang indah dan bernilai tinggi. Bali, dengan segala pesonanya, memang layak disebut sebagai surga wisata dan pusat kerajinan. //**

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Retno Marsudi
Profile

Retno LP Marsudi : Tiga Warna Dalam Hidup Saya

JAKARTA, Bisnistoday – Sejak menjadi pelajar, seorang Retno LP Marsudi telah menanamkan...

Profile

Hetty “Sang Panglima Dayak”

KISAH kepahlawanan seorang panglima biasanya didominasi oleh pria. Mereka biasanya tampil gagah...

Profile

Pengacara Darmawan Yusuf Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum USU

JAKARTA, Bisnistoday - Pengacara ternama Dr. Darmawan Yusuf SH SE M.Pd MH...

Kalapas Tangerang
Profile

LP Pemuda Kelas IIA Tangerang Menuju Birokrasi Bersih Melayani

TANGERANG, Bisnistoday- Wahyu Indarto, A.Md.IP., SH., MM. bertekad ingin membawa Lembaga Pemasyarakatan...