www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 15 Juni 2024
Home EKONOMI Indef: Protokol Kesehatan Diterapkan Tegas Agar Ekonomi Tumbuh
EKONOMI

Indef: Protokol Kesehatan Diterapkan Tegas Agar Ekonomi Tumbuh

protokol kesehatan
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Lembaga kajian ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) meminta pemerintah  lebih tegas dalam menerapkan aturan protokol kesehatan di masyarakat agar tujuan untuk kembali mendorong ekonomi dapat tercapai.

“Penerapan aturan protokol kesehatan harus tegas agar masyarakat patuh sehingga jumlah terpapar COVID-19 tidak bertambah. Kesehatan menjadi tujuan penting dari ekonomi agar terhindar dari resesi,” ujar peneliti Indef Rusli Abdullah ketika dihubungi di Jakarta, Senin (31/8).

“Penerapan aturan protokol kesehatan harus tegas agar masyarakat patuh sehingga jumlah terpapar COVID-19 tidak bertambah. Kesehatan menjadi tujuan penting dari ekonomi agar terhindar dari resesi.”

Rusli Abdullah

Menurut dia, disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi penting untuk menghentikan penyebaran virus.Isu kesehatan, lanjut dia, akan menghasilkan manfaat besar bagi masyarakat dan menambah daya saing untuk mencapai pertumbuhan berkelanjutan.”Masyarakat sehat maka ekonomi akan ikut bergerak tumbuh juga,” ucapnya.

Selain disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan, Rusli mengatakan, masyarakat diminta untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.”Makanan perlu diperhatikan, harus bergizi agar tidak mudah terserang penyakit. Ada program bansos tunai dari pemerintah, bisa digunakan untuk membeli makanan yang bergizi, secara tidak langsung dampaknya juga pada terjaganya daya beli,” katanya.

Maka itu, ia meminta masyarakat untuk tidak menempatkan dana bansos tunai untuk investasi, melainkan untuk konsumsi. Sebelumnya, Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir menyatakan bahwa pemulihan kesehatan dan perekonomian secara bersamaan menjadi fokus pemerintah dalam melewati pandemi COVID-19.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil memberikan bantuan masker kepada warga di Bandung, belum lama ini.

“Yang kami tanamkan sekarang ini adalah kesehatan pulih, ekonomi bangkit,” ujar Erick Thohir yang juga Menteri BUMN.

Erick Thohir mengatakan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional memiliki tiga fokus utama yang meliputi Program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

Program Indonesia Sehat, kata dia, di antaranya meliputi sosialisasi perubahan perilaku secara luas melibatkan seluruh stakeholders dan komunitas masyarakat, akselerasi test PCR, lacak dan karantina secara nasional hingga transformasi sistem kesehatan dan BPJS berkualitas. Ant/

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Agraria Summit
EKONOMI

Kementerian ATR/BPN Segera Gelar Reforma Agraria Summit 2024

DENPASAR, Bisnistoday - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui...

EKONOMI

Menteri AHY Pacu Sertipikasi Tanah Jelang Agraria Summit

KAB. BADUNG- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus...

EKONOMI

Bertemu Presiden Jokowi, Khofifah dan Rektor Unair Serahkan Konsep untuk Indonesia Maju 2034

JAKARTA, Bisnistoday - Ketua Umum IKA Unair Khofifah Indar Parawansa melakukan pertemuan...

EKONOMI

Hari Laut Sedunia 2024: Jaga Laut, Jaga Kehidupan!

JAKARTA, Bisnistoday - Setiap 8 Juni, seluruh dunia memperingati momentum tersebut sebagai...