www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home EKONOMI Ekonomi & Bisnis Pertamina Retail Buka Peluang Kerja Sama SPBU
Ekonomi & Bisnis

Pertamina Retail Buka Peluang Kerja Sama SPBU

SPBU Pertamina
PERTAMINA Buka Peluang Kerja Sama SPBU./
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Sebagai bagian dari SubHolding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga, PT Pertamina Retail berupaya optimalisasi dalam pengelolaan SPBU. Sejalan dengan komitmen untuk memperluas jaringan SPBU, PT Pertamina Retail menghadirkan skema pengelolaan Kerja Sama Operasi (KSO) dengan SPBU DODO (Dealer Owned Dealer Operated).

Vice President Commercial PT Pertamina Retail, Edith Indra Triyadi, mengatakan, konsep kerja sama ini juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan citra SPBU Pertamina. “Kerja sama ini akan dilakukan dengan skema yang tentunya akan menguntungkan bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Pada kerja sama operasi ini, Edith menambahkan, PT Pertamina Retail akan memberikan sejumlah dukungan investasi bagi SPBU DODO di beberapa aspek, yakni dalam hal finance management, fuel management/operation, Non-Fuel Retail Business (NFR), pembaruan infrastruktur, dan optimalisasi digitalisasi SPBU.

“Terdapat dua sistem kerja sama operasi yakni SPBU KSO TAC (Technical Assistance Contract) dan SPBU Full Operate. Melalui kedua skema kerja sama ini, PT Pertamina Retail akan memberikan pendampingan dan kontribusi yang berbeda. Pada SPBU Full Operate, Pertamina Retail akan mengambil peran secara penuh pada operasional SPBU, sedangkan para kerja sama TAC akan terdapat peran mitra SPBU DODO dalam operasional,” tambah Edith.

Kontrak Kerja Sama

Pada kerja sama TAC, kontrak kerja sama dapat dilakukan dalam kurun waktu minimal satu tahun. SPBU DODO nantinya akan mendapatkan pendampingan dan asistensi dari tim PT Pertamina Retail yang ditempatkan di SPBU. Kemudian PT Pertamina Retail juga akan mengambil peran dalam pemesanan BBM dan pengelolaan dana manajemen keuangan yang transparan, sehingga modal kerja yang sebelumnya ditanggung mitra SPBU DODO akan berkurang.

Sedangkan pada skema Full Operate, kontrak kerja sama dapat dilakukan dalam waktu minimal lima tahun dan PT Pertamina Retail akan memberikan sejumlah investasi untuk pembaruan peningkatan sarana dan prasarana SPBU dengan memerhatikan aspek kajian kelayakan bisnis yang tepat.

Untuk menindaklanjuti potensi kerjasama tersebut, calon mitra dapat menghubungi kantor PT Pertamina Retail di Grha Pertamina Tower Pertamax lt.11 Jakarta pusat (021-39711105).

PT Pertamina Retail terus berupaya mencapai rencana jangka panjang yang bertujuan untuk menjadi perusahaan ritel energi nasional kelas dunia melalui semangat Satukan Energi Melayani Negeri, kami berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik dan menyatukan energi untuk keberlanjutan negeri./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Utang Negara
Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Baru Jangan ‘Jor-Joran’ Tambah Utang

JAKARTA, Bisnistoday – Rencana pemerintah yang baru untuk menambah utang hingga mencapai...

Pemasangan Keramik
Ekonomi & Bisnis

INDEF : Harga Bahan Bangunan Keramik Bakal Melonjak

JAKARTA, Bisnistoday  - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mempertanyakan...

CEO Tripatra
Ekonomi & Bisnis

TRIPATRA dan AGPA Refinery Complex Sepakati Kontrak Proyek Penyulingan Minyak Sawit

JAKARTA, Bisnistoday - PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA), penyedia solusi berbasis...

Mendag
Ekonomi & Bisnis

Mendag Lepas Ekspor Pinang ke Arab Saudi dan Bangladesh

MUARO JAMBI, Bisnistoday  – Mendag Zulkifli Hasan melepas secara simbolis ekspor pinang...