www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 15 Juni 2024
Home EKONOMI Ekonomi & Bisnis RI dan Kanada Intensifkan Perundingan Dagang
Ekonomi & Bisnis

RI dan Kanada Intensifkan Perundingan Dagang

PRODUK MAKANAN INDONESIA Ikuti Ajang Pemeran di Kanada
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Indonesia dan Kanada mengeluarkan Pernyataan Kepala Negara (Leader’s Statement) Akselerasi Perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara kedua negara (Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement, atau ICA- CEPA). Melalui pernyataan bersama tersebut, kedua negara berkomitmen untuk mempercepat penyelesaian perundingan ICA-CEPA.

Pernyataan Kepala Negara tersebut dikeluarkan pada Selasa (5/9) dalam pertemuan bilateral antara Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Jakarta. Keduanya bertemu di sela-sela rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN pada 5-7 September 2023 di Jakarta. Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia dan Kanada akan segera memperoleh manfaat perdagangan jika perundingan ICA-CEPA cepat terselesaikan.

“Kedua kepala negara berkomitmen mendorong perundingan ICA—CEPA untuk segera selesai. Indonesia dan Kanada akan semakin cepat merasakan manfaat dari perjanjian bilateral ICA-CEPA bila perundingan tersebut semakin cepat diselesaikan,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Salah satu poin penting dari Pernyataan Kepala Negara adalah komitmen keduanya untuk membuat putaran perundingan berjalan lebih cepat. Untuk itu, tim perunding kedua negara diamanatkan menjalankan putaran perundingan secara intensif untuk tetap menjaga momentum perundingan. Perundingan yang intens juga ditujukan agar kedua negara berhasil mencapai kesepakatan substansial pada akhir 2024.

Selain itu, kedua kepala negara melihat bahwa perjanjian perdagangan yang komprehensif dan berkualitas tinggi akan dapat meningkatkan perdagangan dan investasi, meningkatkan komitmen terhadap perdagangan yang terbuka berlandaskan rule-base, mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang inklusif, dan mendukung penciptaan lapangan kerja. Kerja sama kedua negara dalam skema CEPA akan dapat mewujudkan tujuan bersama serta memperkuat pertumbuhan dan pembangunan berkelanjutan.

Perundingan ICA-CEPA telah dilaksanakan sebanyak lima putaran. Putaran kelima terlaksana pada 29 Mei-2 Juni 2023 lalu di Ottawa, Kanada. Setelah putaran kelima tersebut, kedua tim perunding kerap menjalankan pertemuan intersesi untuk membahas semua isu runding. Salah satu alasannya adalah untuk mengejar target terselesaikannya perundingan. Tim perunding Indonesia dan Kanada sedang mempersiapkan putaran keenam yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2023./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Tanggul Laut
Ekonomi & Bisnis

Waskita Beton Incar Peluang Proyek Tanggul Laut Jakarta

JAKARTA, Bisnistoday - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menyuplai produk Spun...

Jembatan Palu
Ekonomi & Bisnis

Rekonstruksi Jembatan Palu IV Rampung Desember 2024

PALU, Bisnistoday - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan...

Air Minum
Ekonomi & Bisnis

Perbaikan Sistem Jaringan Air Baku Pasigala Rampung

PALU, Bisnistoday  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan...

Pameran Dubai
Ekonomi & Bisnis

Furnitur Indonesia Tetap Jadi Primadona di INDEX Dubai 2024

JAKARTA, Bisnistoday - Furnitur Indonesia masih menjadi primadona di kawasan Timur Tengah...