Press "Enter" to skip to content

Semester I-2021, Kinerja Jasa Marga Mulai Membaik

Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk di Kawasan Taman Mini, Jakarta Timur, baru-baru ini.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Kinerja keuangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk  selama Semester I Tahun 2021 mengalami perbaikan, tercermin dari Pendapatan Usaha yang naik sebesar 29,95% dibanding periode yang sama tahun 2020 lalu. Sejumlah ruas tol baru yang dioperasikan disinyalir sebagai penopang kinerja pada paruh pertama tahun 2021 ini. 

“Kinerja Semester I Tahun 2021 mengalami perbaikan dimana hal ini tercermin dari Pendapatan Usaha yang naik sebesar 29,95% karena telah beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru yang didukung oleh meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas,” ungkap Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora dalam Public Expose LIVE 2021 yang diselenggarakan hari ini, Rabu (8/9).  

Tidak hanya itu, menurut Milka, EBITDA juga mengalami peningkatan sebesar 40,76% seiring dengan meningkatnya Pendapatan Tol di Semester I Tahun 2021. Hal ini juga menyebabkan peningkatan EBITDA Margin yang mencapai 64,10%. 

Berita Terkait : Jasa Marga Bukukan Perbaikan Kinerja Sepanjang 2019

Milka mengatakan, di tengah pandemi dan kondisi pendapatan tol yang masih dalam tahap pemulihan serta telah beroperasinya mayoritas ruas-ruas jalan tol Jasa Marga Group di tahun 2021 ini, Milka menjelaskan bahwa Interest Bearing Debt to Equity Ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan oleh para Kreditur.

Untuk target pengoperasian jalan tol baru hingga akhir tahun 2021, Jasa Marga menargetkan Jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung (26,35 Km) beroperasi di Triwulan IV. Sebelumnya Jasa Marga telah berhasil mengoperasikan empat ruas jalan tol lainnya, yaitu Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak (2,85 Km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang (6,50 Km), dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ruas Balikpapan-Samboja Seksi I (21,66 Km) dan Seksi 5 (10,74 Km).

Milka menambahkan, semua pencapaian tersebut tentunya karena Jasa Marga juga melakukan berbagai macam upaya untuk mempertahankan kinerja selama masa pandemi seperti melakukan beberapa efisiensi terutama pada beban usaha atau beban operasional, pelaksanaan program kerja sesuai dengan skala prioritas dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol hingga mengoptimalisasi aset Perseroan salah satunya dengan melakukan asset recycling./

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *