www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home METRO Jakarta Region Wakil Wali Kota Depok Apresiasi Kerja Cepat BPN Kota Depok  
Jakarta Region

Wakil Wali Kota Depok Apresiasi Kerja Cepat BPN Kota Depok  

WAKIL WALIKOTA DEPOK, Imam Budi Hartono di Depok./
Social Media

DEPOK, Bisnistoday – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono memberikan apresiasi atas realisasi kinerja yang dibangun Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok dalam dalam menjalankan program-program Kementerian ATR/ BPN.

Hal ini disampaikan Imam Budi Hartono usai menjadi pembina upacara Hari Agraria dan Tata Ruang yang sekaligus merupakan hari lahir Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) ke-63 yang berlangsung di halaman parkir BPN Kota Depok, Senin (25/9).

“Pemerintah Kota Depok mengucapkan selamat hari lahir Undang-Undang Pokok Agraria ke-63. Khusus kepada BPN Kota Depok kami memberikan apresiasi besar atas kinerja yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat Kota Depok,” tutur Imam Budi Hartono kepada wartawan.

BPN Kota Depok telah menjalankan program- program dari Kementerian ATR/ BPN. Langkah yang dilakukan tidak sendiri. BPN mampu bersinergi dengan Pemkot Depok.

“Sinergi dan kolaborasi yang baik dengan seluruh pihak terkait sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat. Tidak hanya soal sertifikasi PTSL, BPN juga bergerak cepat dan responsif terhadap percepatan sertifikasi aset Pemkot Depok,” jelas Imam.

Hal ini menurut Imam Budi Hartono selaras dengan tujuan dan harapan yang disampaikan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Imam menambahkan, komitmen Kementerian ATR/BPN itu pun ditunjukan oleh Kantor Pertanahan Kota Depok dengan melakukan kerja spartan, dan terus membangun sinergi dan kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak.

Salah satu contoh yang kini tengah dikejar yakni sertifikasi aset pemerintah daerah yang menjadi rujukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Target tahun ini 1000 sertifikasi, ini luar biasa. Dari data yang saya terima, tahun ini sudah 200 aset telah mengantongi sertifikat. Tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada. Ini luar biasa, apresiasi kami sampaikan untuk BPN Kota Depok khususnya tim yang bekerja cepat,” ungkapnya.

Kolaborasi dan Kerja Cepat

Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dalam sambutan tertulisnya mengatakan kolaborasi dan kerja cepat ini diwujudkan dengan 107,1 Juta bidang tanah dari target 126 juta bidang tanah termasuk di Kota Depok.

“Diharapkan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sudah terdaftar,” ujar Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Selain itu, melalui program PTSL, saat ini telah terdapat 10 Kabupaten/Kota yang dinyatakan sebagai Kabupaten/Kota Lengkap.

“Dalam menyukseskan program PTSL, saya telah mengajak para Kepala Daerah untuk membantu masyarakat dengan membebaskan BPHTB pada pendaftaran tanah pertama kali,” imbunnya.

Hingga saat ini, telah terdapat 118 kabupaten/kota yang membebaskan BPHTB. Terhadap kabupaten/kota yang belum membebaskan BPHTB.

“Saya mendorong pemerintah daerah setempat agar dapat segera dilakukan pembebasan BPHTB, sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan untuk mendaftarkan tanahnya,” jelas Hadi.

Dalam melakukan akselerasi pendaftaran tanah, Kementerian ATR/BPN juga mendorong pendaftaran tanah yang diperuntukan bagi masyarakat hukum adat yang ditempuh melalui skema pendaftaran tanah secara komunal, seperti yang diterapkan di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Papua.

Skema pendaftaran tanah secara komunal akan menjadi model dalam pensertipikatan tanah-tanah adat.

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga mendorong pendaftaran tanah terhadap Tanah Wakaf dan rumah-rumah ibadah (seperti Gereja, Pura, Masjid, dll) yang dilakukan tanpa terkecuali, tanpa diahriininasi, sehingga umat-umat beragama dapat beribadah dengan tenang sebagaimana yang dijamin di dalam konstitusi./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Kaesang Pangarep
Jakarta Region

Yusuf Hamka Siap Dampingi Kaesang di Pilkada Jakarta

JAKARTA, Bisnistoday - Kader Senior Partai Golkar, Yusuf Hamka alias Babah Alun...

BPN Kota Depok
Jakarta Region

BPN Kota Depok Ingatkan Waspada Sertifikat Tanah Palsu

DEPOK, Bisnistoday - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok kembali mengingatkan masyarakat...

Jakarta Region

Pekerja J&T Ekspress Gelar Unjuk Rasa Tuntut Hentikan Pemotongan Upah

JAKARTA, Bisnistoday - Para Pekerja pada salah satu perusahaan logistik/ ekspedisi pengiriman...

Jakarta Region

KPK Diminta untuk Investigasi Audit Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI di Kota Bekasi

JAKARTA, Bisnistoday- Beberapa waktu lalu, Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) menyambangi...