www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home NASIONAL & POLITIK Humaniora Astra Financial Inisiasi Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di Padalarang
Humaniora

Astra Financial Inisiasi Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di Padalarang

Social Media

PADALARANG, Bisnistoday – Astra Financial menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menginisiasi Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di SMKN 4 Padalarang, Jawa Barat pada Sabtu (22/06).

Kegiatan yang merupakan wujud dukungan Astra Financial pada Program Literasi dan Inklusi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini dihadiri dan dibuka oleh Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat, Imansyah, Kabid PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat Edi Purwanto, dan Kepala Sekolah SMKN 4 Padalarang Engkus Kusnadi, serta Direktur Astra Financial
Hugeng Gozali bersama CEO serta direktur 6 Unit Bisnis Astra Financial.

Program Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan di SMKN 4 Padalarang dirancang secara khusus untuk dapat meningkatkan literasi keuangan siswa, serta menyediakan dukungan infrastruktur melalui Pojok Literasi Keuangan di perpustakaan sekolah.

Program tersebut didukung oleh 6 unit bisnis Astra Financial yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay dan Bank Jasa Jakarta (BJJ).

Direktur ESG Astra Financial, Hugeng Gozali menyampaikan, Astra Financial berkomitmen penuh mendukung pilar Pendidikan dalam Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030. “Oleh karenanya, bersama OJK dan Dinas Pendidikan Jawa Barat, kami sangat mengapresiasi program literasi dan inklusi keuangan keberlanjutan ini bersama unit bisnisnya yang telah membantu SMKN 4 Padalarang, Jawa Barat.”

Tingkatkan Pemahaman Pelajar

Sementara itu, Imansyah mengatakan, Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan merupakan inisiatif Astra Financial untuk meningkatkan pemahaman pelajar dalam bentuk pendampingan, sarana prasarana dan melalui duta literasi keuangan. Pelajar juga didorong untuk kenal dan dapat mengakses layanan keuangan yang tentunya aman dan nyaman. “Kami dari OJK mengucapkan terima kasih atas prakarsa yang dilakukan Astra Financial bersama unit bisnisnya,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Edi Purwanto selaku Kabid PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat. “Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas
dukungan dari Astra Financial. Hal ini menjadi tonggak awal untuk meningkatkan kemampuan siswa dan siswi SMKN 4 Padalarang yang harus diteruskan oleh pihak sekolah.

Pada program ini, diberikan bantuan berupa Revitalisasi Teaching Factory Program Pemasaran, Donasi Buku Literasi Keuangan oleh OJK beserta Pemenuhan Fasilitas terkait Pojok Literasi Keuangan, pelantikan 7 orang Duta Literasi Keuangan dengan menyaring siswa dan siswi kelas X yang tertarik dengan isu keuangan, serta
penyediaan tempat sampah terpilah di area sekolah.

Tidak hanya itu, juga dilakukan integrasi instrumen pembayaran melalui AstraPay, melalui Teaching Factory Mini Market yang merupakan sarana pembelajaran bagi program studi pemasaran yang membekali siswa dengan praktek langsung, terintegrasi juga sistem pembayaran digital dari AstraPay, sehingga siswa dapat mengadaptasi digitalisasi layanan keuangan.

Baca juga: ACC Group Berikan Literasi Keuangan Mahasiswa

H Engkus Kusnadi mengatakan bahwa pihak SMKN 4 Padalarang sangat berterima kasih kepada Astra Financial atas dipilihnya sekolah kami sebagai Sekolah Literasi dan Inklusi Keuangan Astra Financial yang akan dapat diakses oleh sekitar 1.500 siswa melalui dukungan pada berbagai sektor termasuk Teaching Factory yang sangat bermanfaat bagi para siswa, khususnya program pemasaran.

Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen Astra Financial dalam mendukung Aspirasi Keberlanjutan Astra 2030, khususnya aspirasi kontribusi sosial yang memiliki 4 pilar, yaitu bidang Kesehatan melalui pembinaan posyandu di Jakarta dan program peduli stunting di Sumba Barat Daya; Pendidikan melalui Literasi Keuangan Digital bersama Otoritas Jasa Keuangan yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 peserta secara hybrid yang mencakup seluruh kepala cabang unit bisnis Astra Financial di Indonesia, masyarakat, komunitas dan media.

Bidang Lingkungan melalui program penanaman pohon di Hulu Sungai Ciliwung, penanaman pohon di Universitas Indonesia, Bersih-bersih sampah di Pantai Marunda, Estafet Peduli Bumi, Penghijauan Mangrove di Pontianak dan Donasi sampah bersama Bank Sampah Puspa Candra Kana (PCK) Sunter, serta Kewirausahaan dengan membina lebih dari 500 UMKM setiap tahunnya./

 

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

YAYASAN Trisakti
Humaniora

Yayasan Trisakti Tandingan Dinilai Berisi Oknum Pemerintah yang Tak Tahu Sejarah

JAKARTA, Bisnistoday  -  Yayasan Trisakti Tandingan dipaksa lahir pada tanggal 24 Agustus...

Humaniora

Guru SD di Banjarnegara Jateng Ini Mendunia Berkat Metaverse Global Academy

JAKARTA, Bisnistoday - Imam Upayanto, seorang guru SD di Kabupaten Banjarnegara, tepatnya...

KETUA STT PU
Humaniora

STT Sapta Taruna Bertransformasi Menjadi STT Pekerjaan Umum

JAKARTA, Bisnistoday - Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Sapta Taruna yang dikelola Yayasan...

Gemarikan
Humaniora

KKP-Kemen PPA Kolaborasi Edukasi Gemarikan

JAKARTA, Bisnistoday – Dalam rangkan menyambut Hari Anak Nasional, Kementerian Kelautan dan...