www.bisnistoday.co.id
Selasa , 16 Juli 2024
Home EKONOMI BSI-Kemenparekraf Biayai UMKM sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
EKONOMI

BSI-Kemenparekraf Biayai UMKM sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Produk UMKM terpajang dalam area salah satu etalase produk UMKM di Jakarta, baru-baru ini. (Foto : BToday)
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengoptimalkan pembiayaan untuk UMKM khususnya ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Sebagai bank syariah yang inklusif dan melayani beragam segmen, BSI berkomitmen untuk dapat menjadi mitra dalam memberikan kebermanfaatan baik di dunia maupun akhirat kepada segenap nasabah, termasuk UMKM khususnya ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/3).

Untuk memberdayakan UMKM, kata Kokok, BSI telah menyiapkan beberapa strategi diantaranya sinergi bersama pemerintah dalam proses pembinaan UMKM melalui kegiatan inklusi keuangan dan pemberian fasilitas pembiayaan kepada UMKM binaan instansi, pemda dan komunitas halal.

Baca juga : Menparekraf Optimistis Semester II/2021 Pariwisata Indonesia Bangkit

Upaya lainnya, BSI mendorong sentra produksi UMKM binaan go digital yang dihubungkan dengan e-commerce, mendorong pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital melalui kerjasama penyediaan layanan dan produk pendanaan perbankan dengan platform digital yang terhubung dengan aplikasi pembiayaan UMKM BSI, serta membangun sentra bisnis UMKM di beberapa daerah.

Selain itu, BSI juga berkomitmen untuk mengembangkan UMKM dengan penyaluran pembiayaan untuk menambah modal, memfasilitasi pengusaha UMKM agar bisa menjual secara online melalui kerjasama dengan e-commerce, dan bersama-sama dengan Kemenparekraf melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan UMKM.

Hingga Desember 2020, penyaluran pembiayaan BSI di sektor UMKM sebesar Rp14,4 triliun dan Rp194,1 miliar diantaranya disalurkan ke sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kolaborasi BSI dan Kemenparekraf tersebut diwujudkan dengan acara yang diselenggarakan di Palembang dan turut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Plh. Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, dan pelaku UMKM./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Menteri AHY
EKONOMI

Menteri AHY Terima Kunjungan Kuliah Kerja Sespimti Polri

JAKARTA, Bisnistoday  - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN),...

IHSG menguat
EKONOMI

IHSG dan Kurs Rupiah Ditutup Menguat

JAKARTA, Bisnistoday - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Rabu (03/07) ditutup...

Agraria Summit
EKONOMI

Kementerian ATR/BPN Segera Gelar Reforma Agraria Summit 2024

DENPASAR, Bisnistoday - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui...

EKONOMI

Menteri AHY Pacu Sertipikasi Tanah Jelang Agraria Summit

KAB. BADUNG- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus...