www.bisnistoday.co.id
Senin , 4 Maret 2024
Home NASIONAL & POLITIK Nasional Indra Yuwana: Nusantara Logistic Hub Permudah Pemindahan ASN, TNI/POLRI ke IKN
Nasional

Indra Yuwana: Nusantara Logistic Hub Permudah Pemindahan ASN, TNI/POLRI ke IKN

Indra Yuwana, Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan fisik tahap 4 pada hari ini, Rabu (17/1/2024). Groundbreaking tahap 4 ini menandai dimulainya sejumlah proses pembangunan seperti Balaikota dan Kantor OIKN, Memorial Park, kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Hotel, Pergudangan dan Masjid Negara.

Pada momen groundbreaking sekaligus peresmian Nusantara Logistic Hub, Presiden Joko Widodo menyambut baik hadirnya Nusantara Logistic Hub and Services, karena ini merupakan buah kerja sama antara Pos Indonesia dengan PT Bina Karya (Persero) di Ibu Kota Nusantara.

“Ini akan mendukung IKN sebagai super hub dan kehadiran perusahaan jasa logistik di IKN, sangat dibutuhkan,” kata Kepala Negara dalam keterangannya.

Presiden Jokowi juga berharap Nusantara Logistic Hub nantinya bisa memberikan kontribusi yang besar utamanya untuk mempercepat pergerakan logistik di IKN.

“Saya berharap Nusantara Logistic Hub and Services akan berkontribusi secara signifikan memicu penguatan rantai pasok domestik, tidak hanya di IKN tetapi di seluruh kawasan Indonesia dan membuat biaya logistik semakin terjangkau, mempercepat dan mengefisienkan pergerakan logistik di seluruh kawasan Indonesia,” paparnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Groundbreaking Investor Pelopor IKN yang juga Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN Indra Yuwana mengatakan, sangat bersyukur dengan adanya layanan Nusantara Logistic Hub di IKN. Sebab menurut Indra, hal ini akan mempermudah proses pemindahan ASN, TNI/POLRI.

“Tentunya kami bersyukur sekali dengan hadirnya PT Pos Indonesia yang meluncurkan layanan logistik yang bernama Nusantara Logistic Hub dengan nilai investasi sebesar Rp. 350 M di IKN. Pelayanan ini diharapkan dapat membantu proses pemindahan ASN, TNI/POLRI yang akan dimulai tahun ini,” kata Indra Yuwana.

Sebagai informasi, sebanyak 23 investor pelopor dari dalam negeri telah melaksanakan groundbreaking di IKN dengan investasi non-APBN dengan nilai sekitar Rp41,4 triliun. Groundbreaking tahap 1 (21-22 September 2023) dengan nilai investasi sebesar Rp23,1 triliun.

Pada tahap 1, sejumlah investor telah memulai pembangunannya mulai dari mall, hotel, perkantoran, serta ruang terbuka hijau yang dipimpin oleh investor tergabung dalam Konsorsium Nusantara. Adapun Tahap 2 yang dilaksanakan pada (1-2 November 2023) dengan nilai sebesar Rp13,1 triliun.

Groundbreaking tahap 2 dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital, Pakuwon Group, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia. Pada tahap ini juga diresmikan revitalisasi SDN 020 Sepaku yang tanahnya didedikasikan oleh warga setempat.

Sedangkan tahap 3 dilakukan pada 20-21 Desember 2023 menandakan pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN) dan pembangunan Nusantara Superblock. Adapun investasi pada Nusantara Superblock ini mencapai Rp 3 triliun.

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Wamenaker
Nasional

Wamenaker Bertemu Dubes Jepang Bahas Pemagangan

TOKYO, Bisnistoday - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor mengadakan kunjungan kerja ke...

Pekerja Migran
Nasional

Kemnaker Gagalkan Pemberangkatan Pekerja Migran Nonprosedural

JAKARTA, Bisnistoday -Tim Gabungan Kementerian Ketenagakerjaan dan Imigrasi Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan pemberangkatan...

Menteri ATR/BPN
Nasional

Menteri ATR/BPN: Selamat Ulang Tahun ke-62 Kopaska

JAKARTA, Bisnistoday- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus...

Nasional

Ketum MIPI Bahtiar: Alumni Prominent Leaders Academy Jadi Teladan Generasi Muda

JAKARTA, Bisnistoday - Ketua Umum (Ketum) Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) Bahtiar...