JAKARTA, Bisnistoday – Tidak banyak merek atau brand sebuah produk yang mampu bertahan selama puluhan tahun, tetap relevan, dan terus berkembang di tengah persaingan yang semakin kompetitif. Merek-merek ini tidak hanya menjadi saksi perubahan zaman tetapi juga pelaku utama dalam mempengaruhi gaya hidup masyarakat dari generasi ke generasi. Ketangguhan mereka merupakan bukti nyata dari inovasi dan dedikasi yang konsisten.
Terkait kesuksesan merek dalam membangun dan mempertahankan posisinya, mereka mendapat pengakuan lewat ajang penghargaan Golden Brand of the Year 2024. Penghargaan ini tidak hanya merayakan ketangguhan dan inovasi, tetapi juga menegaskan bahwa merek yang beradaptasi dan relevan dapat terus memberikan kontribusi positif di tengah perubahan zaman.
“Merek-merek ini tidak hanya membangun reputasi, tetapi juga kepercayaan yang mendalam di hati masyarakat. Penghargaan ini merupakan simbol keberhasilan yang melampaui generasi,” kata Susilowati Ningsih, CEO Infobrand.id, dalam keterangannya, Kamis (12/12/2024).
Infobrand.id dan TRAS N CO Indonesia menghadirkan penghargaan Golden Brand of the Year 2024, yang menjadi simbol pengakuan tertinggi bagi merek-merek yang telah eksis selama 25 tahun atau lebih. Penghargaan ini menilai merek tidak hanya dari usianya, tetapi juga kontribusinya terhadap perusahaan, masyarakat, dan ekonomi nasional melalui inovasi yang berkelanjutan.
Menurut, Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, penghargaan ini adalah pengakuan atas peran besar merek dalam memajukan industri dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat.
Penilaian penghargaan ini dilakukan dengan menggunakan tiga parameter utama: Brand Existence Aspect yang mengevaluasi usia merek, Brand Impact Aspect yang mengukur dampaknya terhadap perusahaan dan masyarakat, serta Business Innovation Aspect yang menilai inovasi dalam produk dan strategi pemasaran. Penghargaan ini dibagi menjadi dua kategori: Great Achievement untuk skor 80–90 poin dan Excellence Achievement untuk skor di atas 90 poin.
Selain penghargaan, acara ini akan diramaikan oleh the 23rd INFOBRAND FORUM 2024 dengan seminar bertema “The Power of Admiration Brands: Building Trust and Loyalty” yang dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. Hartoyo, Guru Besar Sekolah Bisnis IPB University. Seminar ini akan membahas bagaimana merek dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan di era modern.
Acara puncak penghargaan dan forum akan digelar pada 19 Desember 2024 di Golden Ballroom Hotel Sultan, Jakarta. Para pelaku industri, akademisi, dan pengamat pasar akan berkumpul untuk merayakan pencapaian merek-merek tangguh yang telah menjadi bagian penting dari perekonomian dan gaya hidup masyarakat Indonesia.