Press "Enter" to skip to content

Kementerian PUPR Segera Tuntaskan Konstruksi Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalogan

Kementerian PUPR segera tuntaskan pembangunan Kawasan Wisata Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.
Social Media

PEKALONGAN, Bisnistoday – Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wiayah Jawa Tengah menargetkan pembangunan Taman Wisata Laut  Pekalongan tuntas pada akhir November 2021 mendatang. Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak perekonomian wilayah Pekalongan dan sekitarnya. 

Kepala Satuan Kerja Perlaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris mengakui, pembangunan Kawasan wisata pantai tersebut ada beberapa kendala namun diharapkan pekerjaan tuntas akhir November 2021. 

“Diperkirakan November 2021 pembangunan sudah tuntas, hingga 23 September 2021 sudah mencapai 83%,” ungkap Dwiatma, saat kegiatan Presstour Forwapu bersama Birkom Kementerian PUPR di Kota Pekalogan, Senin (27/9).

Dwiatma menjelaskan, kegiatan ini merupakan komitmen Kementerian PUPR, dalam rangka mendukung peningkatan pariwisata serta dapat menumbuhkan perekonomian nasional Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan.

Seperti diketahui, Kota Pekalongan merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Tengah yang selain menjadi salah satu pusat industri batik memiliki potensi alam perairan laut Pantai Jawa. Penataan Kawasan Taman Laut Pekalongan diharapkan menjadi pusat wisata laut atau pesisir di daerah Pantura Pulau Jawa. 

Selain itu, keberadaan Taman Wisata Laut diharapkan dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat dari bidang wisata. Taman Wisata Laut menjadi ruang rekreasi masyarakat dan dapat menjadi obyek wisata untuk skala nasional.

Destinasi Wisata Daerah

Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Pemkot Pekalongan, Sutarno menyatakan optimis bahwa pariwisata di Pekalongan akan terus meningkat khususnya di destinasi wisata pantai Pasir Kencana. “Destinasi ini paling besar diantaranya destinasi wisata di Pekalongan lainnya, dan dengan revitalisais didukung Kementerian PUPR ini optimis akan terus membaik,” tuturnya. 

Sutarno menambahkan, wisata daerah sekitar Pekalongan sebenarnya belum banyak. Dengan letaknya destinasi wisata Pantai Pasir Kencana yang stategis ini akan mendorong pelancong untuk berwisata pantai ke daerah ini. “Pekalogan ini strategis, jalan tol dari semarang dulunya waktu tempuh 2,5 jam, sekarang setengah jam, dan hotel di Pekalongan sudah banyak, dan tak mahal. Saya yakin akan semakin baik,” ujarnya. 

Meski begitu, Sutarno mengakui masih sedikit ada tantangan seperti terjadinya rob pada musim tertentu. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk segera melakukan pembenahan. “Sungai dan tanggul sekarang sedang diperbaiki. Kalau lewat ke sini ada alat berat untuk memasng site pile,” ujarnya. 

Nantinya, tambah Sutarno, pengelolaan wisata pantai Pasir Kencana akan diserahkan ke Pemda. Sedangkan Pemkot Pekalongan tengah mempersiapkan badan pengelolaanya setingkat UPTD, dengan lebih pengelolaan melalui mekanisme BLUD (Badan Layanan Umum Daerah). 

“Dengan beroperasinya Wisata Pantai ini, akan menumbuhkan pariwisata daerah selain didukung pula destinasi wisata lainnya, seperti wisata mangrove, Museum Batik serta Pantai Selamara,” tambahnya./

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *