www.bisnistoday.co.id
Senin , 4 Maret 2024
Home GLOBAL Kawasan Global Pasar Senggol Semarakkan Pemilu 2024 di Canberra
Kawasan Global

Pasar Senggol Semarakkan Pemilu 2024 di Canberra

PEMILU
PEMILIH MUDA usai pencoblosan di Canberra./
Social Media

CANBERRA, Bisnistoday – Atase Perdagangan RI di Canberra berkolaborasi dengan komunitas Tangan Di Atas, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra, dan Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Canberra menyelenggarakan Pasar Senggol di tengah pelaksanaan Pemilu 2024 di Canberra, Australia, Sabtu (10/1). Setelah memberikan hak suaranya di area tempat pemungutan suara (TPS), masyarakat dapat menikmati ragam jajanan tradisional Indonesia di area Pasar Senggol.

“Diselenggarakannya Pasar Senggol ini bertujuan agar para pelaku usaha kuliner Indonesia di Canberra dapat naik kelas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, setelah acara ini mereka mampu membuka restoran di berbagai wilayah Australia,” terang Atase Perdagangan RI di Canberra, Agung Haris Setiawan.

Haris melanjutkan, dalam kegiatan ini KBRI Canberra memfasilitasi tenda yang digunakan oleh para pedagang makanan, Atase Perdagangan mensponsori dana penyelenggaraan kegiatan, sedangkan PPLN Canberra mempromosikan kegiatan Pasar Senggol di berbagai media. “Pasar Senggol ini sekaligus menjadi ajang promosi makanan khas Indonesia dan produk-produk Indonesia untuk warga negara Australia di Canberra dan sekitarnya,” lanjut Haris.

Perwakilan Tangan Di Atas, Wien Hendriyanto, yang merupakan pihak penyelenggara (event organizer) mengungkapkan, Pasar Senggol tahun ini merupakan kali ke-8. “Total ada tujuh stan yang meramaikan Pasar Senggol kali ini, yaitu Bali Belly, Dapur Bu Iis, Menuku, Dapur Iti, Warung Sofya, Java Street Food, dan Warung Cilik,” tambah Wien.

Kegiatan Pasar Senggol menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat sekitar. Beberapa masyarakat mengungkapkan apresiasinya terhadap penyelenggaraan Pasar Senggol yang bersamaan dengan Pemilu. Mereka senang karena selain dapat memberikan hak suara, mereka juga dapat melepas rasa rindu akan makanan tradisional Indonesia.

Salah satu pengunjung, Rahman, menyampaikan dengan antusias bahwa Pemilu Indonesia kali ini sangat menyenangkan. “Pemilu kali ini benar-benar di luar dugaan. Penuh kegembiraan dan kebersamaan. Sangat menyenangkan berada di sini,” ujarnya.

Total nilai perdagangan Indonesia-Australia periode Januari—November 2023 tercatat sebesar USD 11,23 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Australia sebesar USD 2,85 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari Australia sebesar USD 8,37 miliar.//

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Menlu
HEADLINE NEWSKawasan Global

Indonesia Dorong Tegas Fatwa Hukum Tentang Israel Atas Palestina

DEN HAAG, Bisnistoday – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan lisan...

DISKUSI
Kawasan Global

Indonesia Jangan Letih Gaungkan Perdamaian Global

JAKARTA, Bisnistoday – Kondisi geo politik global yang sedang tidak stabil memberikan...

Kawasan Global

PBHI dan EKOMARIN Gugat Pemerintah Jepang: Stop Pembuangan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

JAKARTA , Bisnistoday – PBHI bersama Ekomarin yang tergabung dalam Tim Advokasi...

KJRI Hong Kong
Kawasan Global

KJRI Hong Kong Jajaki Kerja Sama Pendidikan

HONG KONG, Bisnistoday - KJRI Hong Kong jajaki kerja sama meningkatkan program...