www.bisnistoday.co.id
Selasa , 25 Juni 2024
Home GLOBAL Kawasan Global Pemilihan GB ILO 2024: Indonesia Tentukan Arah Ketenagakerjaan Dunia
Kawasan Global

Pemilihan GB ILO 2024: Indonesia Tentukan Arah Ketenagakerjaan Dunia

sekjen Kemnaker
SEKJEN KEMENAKER, Anwar Sanusi, di Jenewa./
Social Media

JENEWA, Bisnistoday – Pemerintah Indonesia hari ini melakukan pemilihan anggota Governing Body (GB) International Labour Organization (ILO) yang berlangsung pada sesi ke-112 Konferensi Perburuhan International Labour Conference (ILC). Pemilihan ini akan menentukan anggota GB untuk periode Juni 2024 hingga Juni 2027.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi, menjelaskan bahwa pemilihan ini diadakan sesuai dengan pasal 7 Konstitusi ILO, dimana negara anggota ILO bertugas memilih anggota GB untuk masa jabatan tiga tahun. Tujuan dari pemilihan anggota GB adalah untuk memastikan adanya perwakilan yang adil dan efektif dalam pengambilan keputusan terkait kebijakan ketenagakerjaan global.

“Governing Body berperan penting dalam menetapkan arah strategis dan mengawasi pelaksanaan program-program ILO,” kata Sekjen Anwar Sanusi, Jenewa, Jumat (7/6).

Pada pemilihan kali ini, Indonesia memilih Brunei Darussalam sebagai anggota tetap (Regular Member) untuk wilayah Asia Pasifik. Selain itu, Indonesia juga memberikan suara untuk kandidat anggota pengganti (Deputy Member) dari ASEAN, yaitu Malaysia, Laos, dan Filipina.

“Dukungan ini mencerminkan komitmen Indonesia dalam memperkuat kerja sama regional di bidang ketenagakerjaan,” kata Anwar.

Tidak hanya berfokus pada negara-negara ASEAN, Indonesia juga memberikan suara kepada Kuba sebagai anggota pengganti untuk wilayah Amerika. Dukungan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dan Kuba.

Lebih lanjut, Pemerintah Indonesia turut memberikan suara kepada negara-negara lain di luar ASEAN yang masuk dalam daftar konsensus wilayah Asia Pasifik. Daftar negara yang didukung oleh Indonesia meliputi anggota tetap dari Bangladesh, Oman, dan Korea Selatan, serta anggota pengganti dari Australia, Iran, Irak, Nepal, dan Qatar.

Pemungutan suara dilakukan secara elektronik. Proses ini diharapkan berjalan lancar dan transparan, memastikan bahwa anggota GB terpilih dapat berkontribusi secara efektif dalam peningkatan kondisi ketenagakerjaan global.

Anwar menyatakan bahwa partisipasi aktif Indonesia dalam pemilihan ini menunjukkan komitmen negara dalam mendukung tujuan ILO untuk menciptakan pekerjaan yang layak dan adil bagi semua.

“Indonesia akan terus berperan aktif dalam forum internasional seperti ILC demi tercapainya kondisi kerja yang lebih baik dan berkeadilan serta mengedepankan aspirasi ASEAN di ILO,” paparnya.Dari hasil pemilihan, Brunei Darussalam terpilih menjadi anggota tetap (Regular Member) GB ILO Juni 2024 – Juni 2027 untuk wilayah Asia Pasifik./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

WAMENAKER
Kawasan Global

Wamenaker Afriansyah Noor Apresiasi Hasil Konferensi Perburuhan Internasional

JENEWA, Bisnistoday - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor, mengapresiasi hasil-hasil...

Kawasan Global

Selamat Ginting: Utang Kepada Liga Arab Dibayar Kontingen Garuda TNI

JAKARTA, Bisnistoday- Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan,...

Menteri PUPR
Kawasan Global

Menteri Basuki Ajak Kolaborasi Transformatif untuk Ketahanan Air Global

DUSHANDE, Bisnistoday – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ...

Menaker Ida
Kawasan Global

Menaker Ida Apresiasi Kontribusi Delegasi Indonesia di ILC

JENEWA, Bisnistoday - Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ida Fauziyah, mengadakan jamuan makan...