www.bisnistoday.co.id
Saturday , 30 September 2023
Home EKONOMI PHM Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai Kritis Kendilo Kaltim
EKONOMI

PHM Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai Kritis Kendilo Kaltim

Rehabilitasi DAS Kandilo
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday– Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), dan PT Pertamina Hulu Indonesia selaku induk perusahaan, melakukan rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) sebagai area kritis di Hutan Produksi Tetap Kendilo, di Desa Suweto dan Desa Saing Prupuk, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

“Rehabilitasi DAS di Kendilo oleh pihak pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan atau IPPKH ini menjadi sangat penting, mengingat DAS Kendilo merupakan satu dari 12 DAS kritis di Indonesia.”

Alue Dahong

“Rehabilitasi DAS di Kendilo oleh pihak pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan atau IPPKH ini menjadi sangat penting, mengingat DAS Kendilo merupakan satu dari 12 DAS kritis di Indonesia sehingga memerlukan upaya perbaikan lingkungan untuk mengembalikan cadangan air guna memulihkan ekosistem di DAS tersebut,” kata Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, dalam acara webinar bertajuk Rehabilitasi DAS untuk Pemulihan Lingkungan dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19, yang diselenggarakan Kementerian LHK bersama SKK Migas dan PHM, di Jakarta, Senin (14/9).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Kepala SKK Migas, Fatar Yani Abdurrahman, mengatakan bahwa rehabilitasi DAS merupakan program SKK Migas dan KKKS pemegang IPPKH, sebagai salah satu pemenuhan kewajiban yang diamanatkan dalam izin tersebut. “SKK Migas bersama 12 KKKS saat ini melaksanakan Rehabilitasi DAS seluas ±6.034,18 hektare, dan yang dikerjakan oleh PHM ini mencakup 35% dari luas areal yang menjadi kewajiban para KKKS tersebut,” kata Fatar Yani Abdurrahman.

SKK Migas–PHM melakukan kegiatan rehabilitasi DAS ini sejak Desember 2018 di kawasan Hutan Produksi Tetap Kendilo di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Suweto (Kecamatan Muara Samu) dan Desa Saing Prupuk (Kecamatan Batu Enggau) seluas 2.189 hektare. Sampai dengan 10 September 2020, luas kawasan yang telah ditanami mencapai 708 hektare dan target penanaman tahun ini akan diselesaikan seluas 1.539 hektare. Serah terima tanaman kepada pemerintah akan dilakukan secara bertahap, dimana penyerahan pertama direncanakan pada tahun 2021 seluas 226 hektare.

“PHM menerapkan strategi yang dinamakan Piramida Tinggi (singkatan dari: Pemberdayaan Masyarakat untuk Melestarikan Hutan demi Ketahanan Energi), yang merupakan sinergi-kolaborasi-integrasi antara para pemangku kepentingan utama dalam program ini. Strategi ini selaras dengan Program Nawacita dari Presiden Joko Widodo butir 6 dan 7, guna meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, serta pemberdayaan masyarakat untuk melestarikan hutan dunia,” kata PTH Direktur PHM, Danar Dojoadhi.

PT Pertamina Hulu Mahakam melakukan rehabilitasi DAS Kritis Kendilo, Kalimantan Timur.

Libatkan Stakeholders

Strategi ini melibatkan tiga elemen yaitu: Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo, selaku pemangku kawasan Hutan Kendilo sebagai representatif dari Pemerintah; Kelompok Tani Hutan (KTH), yang telah bermitra dalam kerangka Perhutanan Sosial dengan KPHP Kendilo, sebagai representatif dari masyarakat; dan PHM sebagai unit manajemen. Strategi yang diterapkan terbukti meningkatkan efisiensi anggaran penanaman sebesar 69,64%, bila dibandingkan dengan pengerjaan oleh pihak ketiga.

Melalui strategi ini, PHM juga telah meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat khususnya KTH, sehingga menjadi modal berharga untuk mendukung program-program produktif KTH seperti agro-forestry, hutan energi dan jasa lingkungan. Di samping itu, jenis tumbuhan yang ditanam berkategori spesies tanaman multi guna, seperti durian, nangka, cempedak, petai, jengkol dan lainnya. Jumlah tumbuhan yang ditanam mencapai 1,1 juta bibit, yang menjadi investasi besar dan dapat dimanfaatkan langsung oleh KTH dan masyarakat nantinya./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Related Articles

EKONOMI

Transformasi Digital Kunci Sukses Penangkapan Ikan Terukur

JAKARTA, Bisnistoday - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut pentingnya transformasi digital...

EKONOMI

BNI Gelar Srikandi BUMN Goes to Campus, Ajak Mahasiswa UI Siap Transformasi Jadi Global Talent

JAKARTA, Bisnistoday - PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI melalui Srikandi...

EKONOMIHEADLINE NEWS

Keketuaan ASEAN Berganti ke Laos

JAKARTA, Bisnistoday - Presiden Joko Widodo melakukan serah terima keketuaan ASEAN kepada...

EKONOMI

Menlu Retno : ASEAN Fokus Penyelesaian Isu Myanmar

JAKARTA, Bisnistoday - Pertemuan para pemimpin negara ASEAN pada Sesi Retreat Konferensi...