www.bisnistoday.co.id
Jumat , 19 Juli 2024
Home GLOBAL Kawasan Global RI dan Prancis Sepakat Kerja Sama dan Investasi
Kawasan Global

RI dan Prancis Sepakat Kerja Sama dan Investasi

PRESIDEN JOKO WIDODO bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron di New Delhi./
Social Media

NEW DELHI, Bisnistoday– Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, Pemerintah Indonesia mengapresiasi kerja sama dan investasi Prancis di Indonesia. Demikian disampaikan Mendag Zulkifli Hasan setelah mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam pertemuan dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang berlangsung di sela-sela rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 9-10 September 2023 di New Delhi, India.

“Dalam pertemuan dibahas rencana dan komitmen Prancis, termasuk terkait investasi di IKN dan proyek transisi energi. Indonesia mengharapkan rencana tersebut segera direalisasikan,” ujar Mendag Zulkfili Hasan.

Pada bulan Juni 2023, Duta Besar Prancis untuk Indonesia beserta delegasi bisnis Prancis telah mengunjungi Kawasan IKN dan menghasilkan 4 Letter of Intent (LoI) untuk mendukung pembangunan IKN.

Indonesia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meminta dukungan Prancis dalam proses pendaftaran Indonesia menjadi bagian dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Presiden Jokowi mengungkapkan hal tersebut merupakan langkah Indonesia untuk menjadi negara maju.

Pada periode Januari-Juli 2023, total perdagangan Indonesia-Prancis sebesar USD 1,55 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Prancis sebesar USD 547 juta dan impor Indonesia dari Prancis sebesar USD 999 juta. Total perdagangan Januari—Juli 2023 naik 10,74 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang sebesar USD 1,40 miliar.

Produk ekspor Indonesia ke Prancis adalah trafo listrik, bagian dan aksesoris kendaraan peralatan listrik untuk mengganti atau memproteksi sirkuit listrik, gas minyak bumi dan gas lainnya, serta minyak sawit dan fraksinya.

Sedangkan, impor Indonesia dari Prancis yaitu parfum, protein whey dan produk lainnya yang terdiri atas susu, barang yang dipakai saat bepergian, vaksin untuk manusia dan hewan, serta obat-obatan./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Donald Trump
Kawasan Global

FBI Ungkap Identitas Pelaku Penembakan Donald Trump

WASHINGTON, Bisnistoday - Didalam rapat umum di Negara Bagian Pennsylvania pada Sabtu waktu...

PM Inggris
HEADLINE NEWSKawasan Global

Perdana Menteri Keir Starmer Nahkoda Baru di Inggris

LONDON, Bisnistoday - Perdana Menteri baru Keir Starmer, menggantikan Rishi Sunak setelah...

Kawasan Global

Indonesia Tindaklanjuti Hasil Deklarasi World Water Forum ke-10 di Bali

JAKARTA, Bisnistoday – Perhelatan World Water Forum ke-10 tahun 2024 yang berlangsung...

WAMENAKER
Kawasan Global

Wamenaker Afriansyah Noor Apresiasi Hasil Konferensi Perburuhan Internasional

JENEWA, Bisnistoday - Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Afriansyah Noor, mengapresiasi hasil-hasil...