Press "Enter" to skip to content

Bank Indonesia Perwakilan Jabar Bantu Salurkan Oksigen

Social Media

BANDUNG, Bisnistoday – Posko Oksigen Jabar (Poskibar) bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar menyalurkan bantuan tabung oksigen untuk penanganan COVID-19 di 27 kabupaten/kota. Proses distribusi bantuan tersebut rencananya akan dilakukan dalam dua tahap.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan Bank Indonesia melalui Kantor Perwakilan Jawa Barat untuk pemenuhan kebutuhan ketersediaan oksigen di Jabar.

“Saya sangat mengapresiasi kolaborasi Bank Indonesia dengan Pemda Provinsi Jabar. Semoga dapat membantu penanganan COVID-19 di Jabar, selain itu juga upaya antisipasi gelombang selanjutnya,” katanya, Senin (2/8/2021).

Pada tahap pertama, Poskibar telah melakukan rencana alokasi 95 tabung oksigen bantuan Bank Indonesia di 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Distribusi tabung oksigen pada tahap kedua pun direncanakan dalam jumlah yang sama untuk seluruh daerah di Jabar.

Adapun alokasi distribusi tabung oksigen disesuaikan dengan proporsi kebutuhan oksigen berdasarkan jumlah pasien COVID-19 di masing-masing Kabupaten/Kota. Penyaluran tabung oksigen tersebut dibagi menjadi tujuh rute dengan tiga truk pengangkut.

Rinciannya, Kota Bandung dan Kota Bekasi mendapatkan masing-masing 9 tabung oksigen berukuran 6m3. Kabupaten Bogor sebanyak 8 tabung. 7 tabung untuk Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok. Kota Bogor mendapatkan 5 tabung oksigen. Masing-masing 3 tabung untuk Kabupaten Purwakarta, Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon. Untuk Kabupaten/Kota lainnya di Jabar mendapatkan bantuan masing-masing 2 tabung oksigen.

Selain mendistribusikan tabung oksigen bantuan Bank Indonesia Jabar ke 27 Kabupaten/Kota, Poskibar juga mengalokasikan 5 tabung oksigen sebagai buffer stock. 5 tabung tersebut digunakan pada situasi darurat di rumah sakit yang menangani kasus COVID-19 se-Jabar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *