JAKARTA, Bisnistoday – GetPlus, perusahaan Loyalty Program yang kini telah memiliki lebih dari satu juta member, melakukan ekspansi bisnisnya dengan meluncurkan Retail Media Network berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) pertama di Indonesia. Hal ini, sejalan dengan misi dari GetPlus untuk dapat sepenuhnya mengelola strategi loyalitas dari mitra ritel GetPlus.
Melalui GetPlus Retail Media Network yang ditempatkan di jaringan retail terkemuka, para mitra ritel dapat mendapatkan first party data yang lebih akurat dari platform iklan berbasis AI yang dapat dipersonalisasikan secara real time dan terukur.
“Misi kami di GetPlus adalah bekerja dengan mitra ritel kami dan merek untuk sepenuhnya mengelola strategi loyalitas mereka, mengidentifikasi wawasan dan tren pelanggan utama, memaksimalkan ROI pemasaran mereka untuk meningkatkan penjualan,” ungkap Adrian Hoon, Co-Founder & COO / CMO GetPlus Indonesia kepada media di Jakarta, Senin (15/1).
“Kami membangun, mengembangkan, dan memperkuat hubungan mitra kami dengan pelanggan mereka dengan kemampuan digital, data, dan analitik kami yang canggih yang dibantu oleh teknologi dari AWL.Inc Jepang.” Menurutnya, teknologi AWL ini telah diterapkan luas oleh berbagai global modern ritel, termasuk AEON, Lawson, Family Mart.
Lebih Mengenal Pelanggan
Sementara, Muneharu Kitade, President Representative Director and CEO (Founder) AWL.Inc menyatakan, teknologi disiapkan untuk GetPlus, untuk mampu mengenali wajah, usia, jenis kelamin serta durasi pelanggan melihat iklan video secara real-time dan akurat. “Sehingga dapat memberikan wawasan mendalam tentang demografi dan perilaku pelanggan yang terukur.”
Melalui lanskap ritel yang dinamis saat ini, lanjut Muneharu Kitade, pelaku industri membutuhkan solusi yang melebihi periklanan tradisional dan dapat diukur efektivitasnya. Harapannya, keberadaan saluran ini tidak hanya sebagai solusi, melainkan juga berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem industri ritel di Indonesia.
Menurut Muneharu Kitade, dengan teknologi GetPlus Retail Media Network diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi brand berupa engagement dari pelanggan yang memicu konversi dan penurunan preferensi terhadap merek tertentu.
Tingkatkan Pendapatan
Sedangkan keuntungan bagi ritel, kata Muneharu, diharapkan menghasilkan lebih banyak pendapatan dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, serta keuntungan bagi pelanggan sendiri adalah mendapatkan iklan yang telah dipersonalisasi sehingga lebih relevan.
Untuk pertama kalinya, Adrian Hoon menambahkan, GetPlus Retail Media Network akan diterapkan di jaringan ritel Supra Boga Lestari, tepatnya di Ranch Market Grand Indonesia dan Farmers Market Summarecon Mall Kelapa Gading.
“Kami menawarkan Retail Media Network yang canggih yang dapat menciptakan audiens yang sesuai dengan menggunakan data pihak pertama sehingga memungkinkan brand untuk menargetkan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat di lokasi yang juga tepat sehingga dapat menghasilkan ROAS yang optimal.”tutur Adrian Hoon.//