Press "Enter" to skip to content

Joe Biden dan Xi Jinping Perlihatkan Kekompakan

PERTEMUAN BILATERAL : Presiden AS, Joe Biden berjabatan tangan dengan Presiden China, Xi Jinping menjelang KTT G20 di Bali, Senin (14/11).
Social Media

BALI, Bisnistoday – Menjelang pelaksanaan KTT G20 di Bali, yang akan berlangsung pada 15-16 November 2022 besok, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping melangsungkan pertemuan bilateral di Nusa Dua, Bali.

Biden dan Xi Jinping mendekatkan diri dan saling berjabat tangan sesampainya di ruang pertemuan bilateral pada Senin (14/11) sore. Pertemuan Ini merupakan jabat tangan dan tatap muka langsung perdana antara keduanya sejak Biden menjadi Presiden AS dua tahun lalu.”Senang bertemu Anda,” kata Xi terdengar dari translator.

Presiden AS ini mengutarakan begitu banyak peran penting kedua negara dan perlunya menjaga komunikasi secara pribadi atau pemerintahan. 

“Saya berkomitmen untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka antara Anda dan saya secara pribadi, dan pemerintah kita secara menyeluruh, karena kedua negara kita memiliki begitu banyak hal sehingga kita memiliki kesempatan untuk menanganinya,” kata Biden saat membuka dialog di antara keduanya.

Biden mengutarakan, bahwa sebagai pemimpin kedua negara, kedua presiden berbagi tanggung jawab untuk menyelesaikan perbedaan dan mencegah persaingan kedua negara menjadi konflik. 

Pertemuan Disorot Dunia

Sementara itu, Xi mengatakan tatap muka dia dan Biden menjadi pertemuan paling disorot oleh dunia.”Sebagai pemimpin dari dua negara besar, kita perlu memetakan arah yang tepat untuk hubungan AS-China. Kita perlu menemukan arah yang untuk hubungan bilateral ke depan dan meningkatkan hubungan,” kata Xi seperti dikutip CNN.

“Dunia berharap China dan Amerika Serikat akan menangani hubungan ini dengan baik. Pertemuan kita telah menarik perhatian dunia, jadi kita perlu bekerja dengan semua negara untuk membawa lebih banyak harapan bagi perdamaian dunia, kepercayaan yang lebih besar terhadap stabilitas global, dan dorongan kuat untuk bersama pembangunan,” kata Presiden China tiga periode ini. 

Sementara, Xi menuturkan, pihaknya siap untuk melakukan pertukaran pandangan yang “terus terang dan mendalam” dengan Biden mengenai isu-isu strategis yang penting dalam hubungan China-AS dan isu-isu global dan regional utama./CNN

Comments are closed.