www.bisnistoday.co.id
Jumat , 7 November 2025
Home LIFESTYLE Trends & Mode Kantorpos Tempat Layanan Pembayaran, Sekaligus Ajang Reuni Para Pensiunan
Trends & Mode

Kantorpos Tempat Layanan Pembayaran, Sekaligus Ajang Reuni Para Pensiunan

Pelayanan Pos ID
PELAYANAN PosIND./
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday—Kantorpos Jakarta Flora di bilangan Fatmawati selama ini, tidak hanya menjadi tempat pengambilan uang pensiun. Lebih dari itu, kosepsi ruang di vestibule Kantorpos ini menjelma menjadi ruang silaturahmi, tempat bercengkerama para pensiunan yang lama tak bersua, serta menjadi medium di mana kenangan masa bakti dihidupkan kembali.

Sejak 1 Juli 2025, PT Pos Indonesia (Persero) menjadi salah satu mitra penyalur dana pensiun PT Taspen (Persero) dan ASABRI. Sinergi antar BUMN ini bukan sekadar teknis pembayaran, melainkan upaya menghadirkan pelayanan publik yang lebih dekat, merata, dan manusiawi. Sekira 142 ribu pensiunan mulai menikmati kemudahan baru ini, baik melalui pengambilan tunai di Kantorpos melalui rekening Giropos, maupun secara digital melalui aplikasi Pospay.

 “Ada suasana yang tidak tergantikan ketika para pensiunan datang langsung ke Kantorpos,” ujar Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman.

Layanan secara digital, lanjut Endy, bukan tidak ada di Kantorpos atau produks PosIND secara umum. Namun, ada momentum yang tidak tergantikan dengan datang dan barada secara fisik di Kantorpos.

“Walaupun ada kemudahan digital, banyak dari mereka justru menikmati momen itu sebagai ajang silaturahmi, reuni kecil-kecilan setelah lama berpisah dari masa tugas,” ungkap Endy.

Hal ini dibenarkan oleh Suwito, pensiunan Kementerian PUPR, yang memilih datang ke Kantorpos bersama istrinya.“Pelayanannya bagus, ramai karena banyak yang datang bersamaan. Tapi kami senang, bisa ketemu teman lama,” ujarnya.

Lebih dari sekadar urusan finansial, kirim -terima barang atau paket, pada aras tertentu Kantorpos menjadi ruang sosial bagi para pensiunan. Fasilitas ruang tunggu yang nyaman, tersedianya makanan ringan, bahkan layanan kesehatan gratis, memperlihatkan bahwa Pos Indonesia tidak hanya bicara efisiensi, tapi juga mengekspresikan rasa hormat.

Giropos dan Pospay

Sebagai salah satu strategi transformasi yang dilakukan PosIND adalah menghadirkan opsi yang fleksibel: ambil tunai di loket dengan menggunakan Giropos, atau akses digital melalui Pospay. Rekening Pospay yang dimiliki para pensiunan bukan hanya sekadar rekening pasif, tapi bisa digunakan untuk transfer antarbank, bayar listrik, beli pulsa, hingga transaksi QRIS.

“Kalau ingin praktis, pensiunan juga bisa memilih dana pensiun ditransfer ke rekening Pospay, tanpa harus datang ke Kantorpos,” kata Endy.

Bagi para pensiunan, tambah Endy, bebas untuk memilih layanan pembayarannya.“Kami kerja sama dengan ATM Link dan bank-bank mitra, jadi fleksibilitasnya tinggi.”

Namun bagi pensiunan seperti Ibu T. Sudarni, mantan pegawai RS Fatmawati, datang ke Kantorpos tetap menjadi rutinitas yang menyenangkan. “Prosesnya mudah. Memang kalau dulu di bank bisa pakai ATM, sekarang harus datang langsung. Tapi kita ikuti saja. Pelayanannya baik, petugas ramah,” ucap Sudarni, yang datang didampingi anak./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

TRADE EXPO INDONESIA 2025

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Trends & Mode

XXI Screen Bag, Padukan Kreativitas dan Semangat Keberlanjutan

JAKARTA, Bisnistoday – Siapa sangka layar bioskop yang tak lagi terpakai masih...

Trends & Mode

Berfokus Ke Pengguna Muda, Xiaomi Luncurkan Redmi Pad 2 Pro

JAKARTA, Bisnistoday – Xiaomi Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Redmi Pad 2 Pro,...

Trends & Mode

IdeaFest 2025 Ajak Generasi Kreatif Lestarikan Budaya Lewat Inovasi

JAKARTA, Binistoday - Ajang tahunan IdeaFest kembali digelar dengan semangat baru melalui...

Trends & Mode

Koleksi Emas HRTA Gold Khusus Bagi Pecinta Anabul Ramaikan IIPE 2025

TANGERANG, Bisnistoday - HRTA Gold meluncurkan koleksi perdana HRTA Gold Anabul bertema...