www.bisnistoday.co.id
Rabu , 14 Mei 2025
Home EKONOMI Ekonomi & Bisnis Produk Dekorasi Rumah Ikuti Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024
Ekonomi & Bisnis

Produk Dekorasi Rumah Ikuti Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024

Produk Interior
PRODUK INTERIOR Nasional indonesia, tampil di pameran design Jepang.
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday- Produk dekorasi rumah Indonesia tampil memikat di pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 yang diselenggarakan pada 12—14 Juni 2023 di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Pada pameran ini, produk Indonesia tersebut berhasil membukukan potensi transaksi senilai Rp13,6 miliar.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Merry Maryati berharap, keikutsertaan Indonesia pada pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 dapat memperkenalkan produk berbasis desain asal Indonesia yang unggul dan mampu bersaing di pasar global. Partisipasi dalam pameran ini akan membuka kesempatan penetrasi produk berbasis desain asal Indonesia di pasar Jepang dan global.

“Kemendag memiliki misi memperkenalkan kemampuan, keahlian, dan desain terbaik produk- produk Indonesia. Melalui peran perwakilan perdagangan di luar negeri, Kemendag akan terus membuka akses pasar untuk penetrasi produk-produk kreatif dan orisinal karya anak bangsa. Selama pameran diharapkan dapat terjalin kontrak dagang dengan mitra dagang potensial di Jepang dan kawasan sekitarnya, serta membuka pintu bagi produk Indonesia yang akan memasuki pasar global,” ungkap Merry.

Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan pameran internasional tahunan yang berkonsep business to business (B to B) yang diselenggarakan Messe Frankfurt. Pameran ini menampilkan produk kreatif yang berkaitan dengan rumah dan gaya hidup, seperti designed gift items, fesyen, peralatan makan, makanan, furnitur mewah dan eksklusif, serta dekorasi interior. Produk yang ditampilkan tersebut menekankan pada pembuatan produk ramah lingkungan, pemanfaatan barang lama dengan fungsi baru (upcycling), serta perdagangan yang adil (fair trade).

Pameran ini terbagi dalam sepuluh zona utama dan dua zona pendukung. Kesepuluh zona utama tersebut, yaitu Japan style, movement, kitchen life, home, ethical, accent, every day, creative resource, exterior, dan foodist. Sedangkan zona pendukung terdiri atas zona talents dan next.

Melalui Proses Kurasi

Pada pameran, Paviliun Indonesia berada pada zona home dengan memfasilitasi lima pelaku usaha yang terpilih melalui proses kurasi. Pelaku usaha tersebut terdiri atas pelaku usaha peraih Good Design Indonesia (GDI) dan Good Design Awards 2023, serta peserta program pendampingan Designer Dispatch Service (DDS). Adapun produk yang ditampilkan terdiri atas keranjang dekoratif, wadah serbaguna, hiasan dinding, lampu, serta produk furnitur kecil. Ajang GDI sendiri merupakan ajang penghargaan desain untuk produk Indonesia yang terafiliasi dengan Good Design Award Jepang.

Kehadiran Paviliun Indonesia pada Pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 merupakan hasil sinergi Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Japan External Trade Organization (JETRO), Atase Perdagangan Tokyo, serta Indonesian Trade Promotion Center (ITPC Osaka).

Atase Perdagangan Tokyo Merry Indriasari menyatakan, partisipasi pada pameran Interior Lifestyle Tokyo 2024 akan mendorong produk Indonesia untuk memiliki standar kualitas produk dan desain yang tinggi.

“Paviliun Indonesia merupakan etalase bagi produk dekorasi rumah Indonesia. Keikutsertaan pameran ini diharapkan semakin mendapatkan tempat di hati konsumen Jepang. Diharapkan produk Indonesia semakin memiliki standar kualitas produk dan desain yang tinggi,” ungkap Merry.

Sementara Kepala ITPC Osaka Didit Akhdiat Suryo menjelaskan, material produk yang ditampilkan Paviliun Indonesia menyesuaikan minat konsumen Jepang yang menekankan pada fungsional produk dan material yang ramah lingkungan.

“Produk-produk yang ditampilkan adalah produk berdesain khusus dan diolah dari material yang ramah lingkungan,” ujar Didit.

Ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Jepang dalam lima tahun terakhir (2019—2023) terus meningkat dengan tren sebesar 3,65 persen. Sementara pada 2023, ekspor produk ini ke pasar Jepang tercatat senilai USD 38,94 juta.

Ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke dunia dalam lima tahun terakhir (2019—2023) juga terus meningkat dengan tren sebesar 11,19 persen. Untuk periode Januari—Maret 2024, ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke dunia tercatat sebesar USD 59,43 juta, naik 10 persen dari ekspor tahun 2023 yaitu USD 54,06 juta.//

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

TAWWAFI TOUR LUNCURKAN PAKET UMROH

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Ekonomi & Bisnis

Palmex Indonesia 2025 Dibuka, Ratusan Pemain Global Hadir Tawarkan Solusi Masa Depan Sawit

JAKARTA, Bisnistoday– Palmex Indonesia 2025, pameran teknologi kelapa sawit internasional terbesar di...

Ekonomi & Bisnis

Wamen PU Diana Minta Sanitasi Rumah Pemotongan Hewan Pasar Terban Tetap Terjaga

YOGYAKARTA, Bisnistoday- Wakil Menteri Pekerjaan Umum Diana Kusumastuti meninjau  pembangunan/ rehabilitasi Pasar...

Bluescope ikuti pemeran arsitek di BSD
Ekonomi & Bisnis

BlueScope Tampilkan Instalasi Ikonik dan Eksplorasi Desain Baja di ARCH:ID 2025

TANGERANG, Bisnistoday – PT NS BlueScope Indonesia (BlueScope) mengikuti ARCH:ID 2025, Jumat...

Implementasi inkluasi keuangan./
Ekonomi & Bisnis

Percepat Inklusi Keuangan, Pemerintah Gandeng NGO Gelar Forum IFIS 2025

JAKARTA, Bisnistoday – Guna meningkatkan inklusi keuangan, pemerintah dalam hal ini Kementerian...