JAKARTA, Bisnistoday – Industri hiburan Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan kuat meski menghadapi tantangan ekonomi global. Dalam forum LOKÉT Talks: Navigating Event Success with Data, LOKET, Indodana, dan TikTok mengungkapkan bagaimana data, inovasi pembayaran, dan pemasaran digital menjadi kunci sukses penyelenggaraan acara.
Sejak 2022 hingga Juli 2025, LOKET mencatatkan data telah mendukung lebih dari 25.000 acara, termasuk konser, pertunjukan, olahraga, pameran, dan seminar.
Pemanfaatan data membantu penyelenggara menentukan waktu ideal penyelenggaraan, seperti konser di awal tahun dan festival pada Juni serta Oktober. Data ini memungkinkan strategi penjualan yang lebih tepat sasaran dan pengalaman audiens yang lebih memuaskan.
“Data kami menunjukkan harga tiket rata-rata Rp100.000 hingga Rp225.000 dengan tingkat keterisian konser di atas 80 persen,” ujar Kharisma Putra, VP Revenue & Growth Loket.com, dalam keterangannya, Rabu (22/10).
Inovasi pembayaran melalui paylater juga mendorong aksesibilitas hiburan, dengan transaksi di platform LOKET melonjak 44,05 persen sepanjang 2023–2025. “Fleksibilitas pembayaran memastikan masyarakat tetap menikmati hiburan tanpa tekanan finansial,” kata Direktur Indodana, Putri Sari, menyoroti pertumbuhan tiket terjual sebesar 51,21 persen.
Pemasaran digital, khususnya melalui TikTok, memperluas jangkauan acara dengan konten singkat dan kolaborasi kreator. “TikTok membuat momen acara hidup lebih lama di dunia digital,” ungkap perwakilan TikTok Indonesia, Andi Susilo.
Kolaborasi LOKET dan TikTok mempermudah promosi dengan tautan tiket langsung di video, meningkatkan efisiensi penjualan. Fitur ini memungkinkan pengguna menemukan informasi acara dan membeli tiket langsung melalui platform LOKET.
LOKÉT Talks menegaskan pentingnya sinergi data, layanan keuangan, dan pemasaran digital untuk menciptakan industri hiburan yang inklusif dan berkelanjutan. Pendekatan ini diharapkan menghadirkan nilai tambah bagi audiens sekaligus memperkuat ekosistem hiburan Indonesia./




