www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 24 Februari 2024
Home EKONOMI Indonesia Berada di Jurang Resesi Ekonomi
EKONOMI

Indonesia Berada di Jurang Resesi Ekonomi

resesi ekonomi
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday-Indonesia sudah dipastikan berada di dalam resesi ekonomi seperti negara lain di dunia. Resesi yang dialami Indonesia dilihat secara teknikal dimana ekonomi Indonesia sudah negatif selama tiga triwulan. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Eksekutif CORE Piter Abdullah di Jakarta, kemarin.  

“Kita bukan menyongsong resesi. Kita ada di dalam resesi itu sendiri, kalau di teknikal kita sudah resesi selama tiga triwulan sudah negatif. Tetapi kalau pertumbuhan ekonomi triwulan dua negatif kita jalanan dan akan negatif jadi saya tidak sependapat dan kita di dalam resesi,” ungkap Piter di Jakarta, Jumat (28/8).

 “Kalau kita tidak bisa menghindari resesi berarti kita hadapi dimana Pemerintah harus membantu masyarakat dan dunia usaha bisa bertahan hidup tak bangkrut dan collaps di wabah ini tujuannya agar wabah berlalu kita bisa bangkit cepat . Fokusnya bagaimana kita bisa bertahan di tengah resesi yang kita hadapi.” 

Piter menjelaskn, meskipun jika dilihat dari sisi pertumbuhan ekonomi harus dua kali triwulan yang dilihat pada triwulan ketiga namun dirinya memastikan bahwa Indonesia sudah masuk di masa resesi.

Kendati demikian, menurutnya, hal ini dipandang jangan sesuatu hal yang wajar di tengah pandemi sehingga tidak perlu panik menghadapi resesi. Justru untuk itu, dirinya meminta kepada Pemerintah untuk memastikan semua stimulus dan subsidi yang diberikan baik kepada Pemerintah hingga pelaku usaha berjalan tepat sasaran dan cepat tersalurkan. Hal ini untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional jika pandemi sudah berlalu.

Selain itu, Piter juga mengingatkan kepada pelaku usaha untuk dapat memanfaatkan sejumlah stimulus yang diberikan Pemerintah sekaligus dapat mengelola cash flow perusahaan dengan baik.

“Poin penting pengusaha mengelola cash flow di tengah kondisi ini penerimaan turun pengeluaran besar dan harus mengelola cash flow agar benar benar sesuai penerima yang turun artinya pengusaha selain memanfaatkan kelonggaran yang sudah diberikan dan pengusaha harus ada efesiensi dimana biaya yang harus dikurangi dan momentum harus dimanfaatkan struktur biaya mereka,” tambah Piter. idx/

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

Lifting MIgas
EKONOMI

Lifting Migas Kepri Diatas Target

TANJUNG PINANG, Bisnistoday - Lifting migas Provinsi Kepulauan Riau tahun 2023 tercatat...

EKONOMI

Lima Bendungan Siap Diresmikan Tahun Depan

JAKARTA, Bisnistoday  - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat...

EKONOMI

HCML Dukung Target Pencapaian SKK Migas 

PASURUAN, Bisnistoday – Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky – CNOOC Madura Limited...

EKONOMI

Pemerintah Mesti Awasi Ketat Jika TikTok Shop Kembali Buka

JAKARTA, Bisnistoday - TikTok Shop telah resmi ditutup pemerintah selama sebulan lebih,...