Press "Enter" to skip to content

Pelabuhan Tanjungpandan Tambah Fasilitas Pompa Dorong Untuk Komoditi LPG

GM Pelabuhan Tanjungpandan, Hambar Wiyadi saat kegiatan bersama pengoperasian fasilitas Pompa Dorong untuk komoditi LPG, di Tanjungpandan, kemarin.

TANJUNGPANDAN, Bisnistoday – Pelabuhan Tanjungpandan segera mengoperasikan fasilitas pompa dorong untuk kegiatan bongkar komoditi LPG dari kapal tanker ke truk pengangkut. LPG ini dilanjutkan untuk didistribusikan ke stasiun pengisian bahan bakar gas di sekitar Belitung.

Hambar Wiyadi, GM PT PTP Cabang Tanjungpandan melalui keterangan persnya di Tanjungpandan, Kamis (10/6) mengatakan, dengan pengoperasian fasilitas pompa dorong untuk kegiatan bongkar LPG di dermaga 8 Pelabuhan Tanjungpandan akan meningkatkan kecepatan pendistribusian komoditi jenis LPG ini di kepaluan Belitung ini. Tentunya akan memberikan dampak positif bagi masyakarat di kepulauan Belitung.

Terkait persiapan pelaksanaan pengoperasian bongkar LPG ini, pada Rabu, (9/6), Bupati Belitung, Sahani Saleh melakukan kunjungan dan melihat secara langsung persiapan pengoperasian bongkar LPG di Dermaga 8 di Pelabuhan Tanjungpandan. Bupati Belitung didampingi oleh KSOP Kelas IV Tanjungpandan, Anggiat Dauglas Silitong, GM PT Pelabuhan Indonesia II (Perero) Cabang Tanjungpandan, Hambar Wiyadi, GM PT PTP Cabang Tanjungpandan, Ade Affandi serta Direktur Utama PT Energi Laskar Pelangi, Miko.

Baca juga : PT Pelindo II Tanjungpandan Terima Kunjungan DPRD Prov. Kep. Bangka Belitung

Lebih lanjut Hambar Wiyadi mengatakan, sejumlah manfaat penambahan fasilitas pompa ini, yakni pertama, bongkar LPG tentu lebih cepat serta menurunkan biaya logistik untuk jenis komoditi ini. Yang sebelumnya distribusi LPG dipasok menggunakan tabung gas kosong dibawa ke pelabuhan untuk dibawa luar Pulau Belitung untuk mengisi gas/tabung kosong tersebut dan dibawa kembali ke Belitung melalui pelabuhan untuk distrubusikan ke penyalur/agen. Tentunya dengan fasilitas pompa dorong yang ada di pelabuhan penyaluran distribusi LPG ini dari kapal tanker didistribusikan ke truk pengangkut LPG dibawa ke stasiun-stasiun pengisian gas LPG. 

Kedua, kecepatan pelayanan distribusi LPG ini tentunya akan berdampak pada harga jual komoditi LPG sampai ke tangan konsumen/masyarakat. Sehingga, tidak terjadi lagi kelangkaan komoditi LPG di Kepulauan Belitung yang menimbulkan harga jual LPG menjadi tinggi di tangan masyakarat.

Baca juga : Pelabuhan Tanjungpandan Terapkan Layanan Non Tunai

Ketiga, mengurangi tingkat resiko kerugian, kecelakaan dan kelangkaan komoditas LPG akibat lamanya pengisian tabung gas kosong LPG yang harus dikirim ke luar Pulau Belitung. Mengingat pengiriman tabung/gas kosong dikirim ke luar pulau menggunakan kapal-kapal kecil, khususnya pada musim angin  barat menimbulkan gelombang tinggi tentunya akan mengganggu pendiribusian LPD dari dan ke Pulau Belitung.

“Kehadiran pelayanan LPG ini sangat dibutuhkan oleh masyakarat Belitung. Mengingat komoditi ini sering mengalami kelangkaan yang dapat berpengaruh pada harga jual komoditi ini menjadi tinggi, pada akhirmya akan berpengaruh pada timgginya angka inflasi di Belitung karena harga jual jenis komoditi ini menjadi tinggi sampai ke tangan konsumen/masyarakat,” tambah Hambar Wiyadi./

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *