www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 15 Juni 2024
Home HEADLINE NEWS Divonis 15 Tahun Penjara, Johnny Plate Ajukan Banding
HEADLINE NEWS

Divonis 15 Tahun Penjara, Johnny Plate Ajukan Banding

Social Media

JAKARTA,Bisnistoday- Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dan bekas Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Achmad Latif, melakukan perlawanan hukum usai divonis oleh Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dua terdakwa kasus korupsi proyek penyediaan menara base transceiver station (BTS) 4G dan infrastuktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5, itu mengajukan banding usai divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Keduanya adalah mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate dan bekas Direktur Utama (Dirut) Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Anang Achmad Latif.

Hal ini disampaikan tim penasihat hukum kedua terdakwa usai Ketua Majelis Hakim Fahzal Hendri membacakan putusan yang menjatuhkan vonis 15 tahun untuk Johnny Plate dan 18 tahun untuk Anang Latif.

“Jadi terhadap putusan, terdakwa punya hak untuk pikir-pikir selama 7 hari atau mengajukan banding, silahkan konsultasi dengan penasihat hukumnya,” kata Hakim Fahzal dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (8/11/2023).

“Kami pasti banding Yang Mulia, hari ini” sahut Kuasa Hukum Anang Latif, Aldres Jonathan Napitupulu.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kuasa Hukum Johnny Plate, Achmad Cholidin. Keduanya langsung banding hari ini juga. “Banding Yang Mulia, hari ini juga,” kata Cholidin.

Sementara itu, Tenaga Ahli Human Development Universitas Indonesia Yohan Suryanto yang juga menjadi terdakwa dalam kasus ini menyatakan pikir-pikir atas putusan majelis hakim.
Kuasa Hukum Yohan, Benny Daga menyatakan, akan mempelajari vonis 5 tahun penjara yang dijatuhkan pada kliennya.

“Setelah mendengar putusan yang dibacakan Yang Mulia Majelis Hakim, kami pikir-pikir dulu,” kata Benny Daga.

“Jadi dua banding, satu pikir-pikir. Tujuh hari ya pikir-pikirnya,” ucap Hakim Fahzal seraya menutup sidang.

Dalam perkara ini, Anang Achmad Latif dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi bersama-sama dengan Johnny Plate dan Yohan Suryanto sebagaimana dakwaan kesatu primer Pasal 2 ayat 1 jo Pasal 18 UU Tipikor jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Eks Dirut Bakti Kominfo itu juga terbukti melanggar Pasal 3 UU Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Selain pidana badan, Anang Latif juga dijatuhi pidana denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan.

Majelis Hakim PN Tipikor Jakarta juga membebankan bekas Dirut Bakti Kominfo itu membayar uang pengganti sebesar Rp 5 miliar diambil dari uang yang telah disetor ke Kejaksaan Agung sebesar Rp 6 miliar.

Sementara, sisanya Rp 1 miliar yang disita oleh pihak Kejaksaan diperintahkan untuk dikembalikan kepada Anang Latif.

Kemudian terhadap Johnny Gerard Plate, Majelis Hakim juga menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Eks Menkominfo itu juga dibebani pidana tambahan untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 15,5 miliar subsider 2 tahun.

Terakhir kepada Yohan Suryanto, Majelis Hakim menjatuhkan pidana penjara paling rendah di antara dua terdakwa lain.

Akademisi UI itu divonis selama 5 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan. Yohan Suryanto juga dijatuhi pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti sebesar Rp 400 juta dikurangkan dengan uang yang telah disita Rp 43 juta, subsider 1 tahun penjara. (huda)

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Pelatihan Barista
HEADLINE NEWS

Barista Dididik Melalui Program Pelatihan Magang di Industri Kopi

JAKARTA, Bisnistoday - Kemendikbudristek melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan...

Agraria Summit
HEADLINE NEWS

Reforma Agraria Summit 2024 Diawali Kegiatan Sambung Rasa

DENPASAR, Bisnistoday - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui...

Pre IOG Summit
HEADLINE NEWS

IOG SCM SUMMIT 2024 Akan Bahas Optimalisasi RIG

JAKARTA, Bisnistoday  – SKK Migas – KKKS kembali akan menggelar Pre IOG...

Gardu Transaksi
HEADLINE NEWS

Libur Idul Adha, Jasa Marga Prediksi Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Jabotabek

JAKARTA, Bisnistoday - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sebanyak 842.227 kendaraan...