www.bisnistoday.co.id
Senin , 4 Maret 2024
Home GLOBAL ASEAN Filipina Pesan Pesawat dan Pembuatan Kapal Indonesia
ASEANHEADLINE NEWS

Filipina Pesan Pesawat dan Pembuatan Kapal Indonesia

JOKO WIDOO
PRESIDEN JOKO WIDODO saat menerima kunjungan Menhan Pilipina, di Manila./
Social Media

MANILA, Bisnistoday – Filipina melakukan pengadaan pesawat dan kapal perang untuk pertahanan dari produk Indonesia. Untuk pesawat penunjang angkatan perang Filipina, Menteri Perhatanan Filipina telah memesan pesawat NC212i.

“Saya mengapresiasi kepercayaan Departemen Pertahanan Nasional Filipina terhadap produk-produk BUMN Indonesia khususnya produk alutsista seperti pesawat dan kapal,” ungkap Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan kerhormatan Menteri Pertahanan Filipina, Gilberto Eduardo Gerardo C. Teodoro Jr. Kamis, (11/1).

Presiden Joko Widodo mengapresiasi kepercayaan pemerintah Filipina terhadap produk buatan Indonesia khususnya dalam pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista).

Terkait kerja sama pengadaan pesawat, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa hubungan kerja sama tersebut telah terjalin lama. Presiden menyampaikan bahwa saat ini sedang diproses pengadaan enam unit pesawat NC212i produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

“Ini bukan pertama kali, hubungan ini telah terjalin selama 38 tahun. Bahkan di 2018 PTDI sudah kirimkan 2 unit pesawat NC212i,” katanya.

Presiden Jokowi meyakini kedua negara dapat terus memperkuat kerja sama tersebut termasuk melalui rencana akuisisi pesawat anti-submarine warfare oleh angkatan laut Filipina. Selain itu, Indonesia turut menawarkan pesawat CN2335-220 produksi PTDI yang dapat dikonfigurasi untuk menjalankan misi perang antikapal selam.

“Kami berharap Indonesia dapat terus mendukung kebutuhan pesawat Filipina melalui G-to-G (antarpemerintah) dengan skema kontrak langsung sebagai komitmen kemitraan jangka panjang,” lanjutnya.

Selain pengadaan pesawat, Indonesia-Filipina juga melakukan kerja sama dalam pengadaan produk alutsista lainnya yaitu kapal. Presiden menjelaskan bahwa kedua negara telah menandatangani kontrak pengadaan dua kapal perang landing dock produksi PT PAL yang sebelumnya juga telah terlaksana di tahun 2016 dan 2017.

“Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan Filipina terhadap produk alutsista Indonesia. Saya yakin ke depan akan terjalin kerja sama yang lebih banyak lagi,” ujar Presiden Jokowi./setpres

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

PT WILMAR Padi Indonesia

SOROTAN BISNISTODAY

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

Related Articles

SEKJEN KEMENPERIN
HEADLINE NEWS

Kemenperin Dorong Penggunaan Produk Lokal

BALI, Bisnistoday - Kemenperin mendorong belanja pemerintah pusat dan daerah serta BUMN...

Pengusaha Kamboja
ASEAN

Pengusaha Muda Kamboja Diajak Berbisnis di Indonesia

JAKARTA,  Bisnistoday - Sebanyak 23 pengusaha muda dari Cambodia Youth Entrepreneurs Association for...

Peragaan Busana
HEADLINE NEWS

Jenama Lokal Tampil di Paris Fashion Week 2024

PARIS, Bisnistoday - Pemerintah RI melalui Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Besar...

Menperin
HEADLINE NEWS

Menperin Tepis Anggapan Terjadinya Deindustrialisasi

JAKARTA, Bisnistoday - Produktivitas industri manufaktur di tanah air masih menunjukkan geliat...