www.bisnistoday.co.id
Sabtu , 15 Juni 2024
Home NASIONAL & POLITIK Nasional JumpStart Dukung Pengembangan UMKM
Nasional

JumpStart Dukung Pengembangan UMKM

PRODUK MESIN dari JumStart di Jakrata, belum lama ini./
Social Media

JAKARTA, Bisnistoday – JumpStart Indonesia, startup pionir mesin kopi pintar yang kini dikenal sebagai pengembang teknologi smart retail komitmen untuk turut berpartisipasi dalam mendorong pengambangan UMKM.

“Saat ini UMKM di Indonesia sedang berkembang pesat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2022, terdapat 64,2 juta UMKM yang berkontribusi sebesar 61% terhadap PDB Indonesia,” ungkap Brian Imawan, CEO JumpStart Indonesia dalam keteranganya di Jakarta, Jumat (29/9).

Untuk itu, lanjut Brian, JumpStart berupaya untuk mendukung perkembangan UMKM dengan memperluas distribusi produk-produk UMKM lewat vending machine pintar yang sudah terintegrasi dengan berbagai solusi yang dapat mengoptimalkan penjualan produk untuk mencapai basis konsumen yang lebih luas.

“Mesin kami juga tidak terbatas menjual makanan dan minuman, tetapi kami juga menjual hasil karya UMKM lainnya seperti tas, sepatu, baju, dompet bahkan kerajinan logam mulia,” tuturnya.

Komitmen JumpStart dalam mendukung UMKM Indonesia dimulai di kegiatan Locale Pop Up yang berkolaborasi dengan salah satu e-commerce Indonesia pada tahun 2022 yang lampau yang diresmikan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki.

Saat itu, vending machine pintar JumpStart memasarkan produk makanan dan minuman dari UMKM binaan e-commerce tersebut selama 20 hari di Grand Indonesia dan berhasil menjual 11 macam produk UMKM kepada hampir 196.000 konsumen yang mendorong peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 18% per produk UMKM.

Untuk memaksimalkan dukungan terhadap UMKM, tidak tanggung-tanggung JumpStart menerapkan sistem pembelian putus, sehingga UMKM tidak perlu mengkhawatirkan adanya resiko barang yang diretur karena tidak laku dan dengan sistem beli putus ini.

“Kami berkomitmen untuk terus membantu UMKM. Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan jenis mesin baru lagi yang tidak saja akan membantu distribusi produk-produk UMKM tetapi juga membuka peluang bisnis baru untuk UMKM dengan harapan dapat memberikan dampak positif pada ekonomi dan masyarakat Indonesia, ” ungkap Brian kembali.

Raih Penghargaan

JumStart meraih penghargaan pada kategori Technology Excellence Award – Smart Technology Retail pada ajang Asian Technology Awards 2023.  Asian Technology Excellence Awards diikuti oleh beberapa negara di Asia diantaranya Brunei, China, Filipina, Myanmar, Pakistan, Thailand, Vietnam dan lainnya.

Penghargaan ini juga menegaskan pentingnya kolaborasi antara penyedia teknologi dan UMKM, menyoroti potensi kemitraan yang saling menguntungkan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan dan mendukung distribusi produk asli.

Tim Jumpstart melihat kemenangan ini sebagai motivasi untuk mengembangkan bisnis mereka, mengakomodasi lebih banyak wilayah, dan melayani demografi yang lebih luas, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap kemajuan industri ritel di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan kepada JumpStart Indonesia sebagai pengakuan atas kontribusi luar biasa mereka dalam memajukan sektor UMKM Indonesia dengan platform ritel cerdas end-to-end yang memanfaatkan teknologi informasi (TI) dan mesin untuk memberikan solusi komprehensif dalam logistik, pemasaran, perkiraan, pelaporan dan analisis./

Arsip

BISNISTODAY – INSPIRE YOUR BUSINESS

PERTAMINA IS THE ENERGY

Happy Anniversary Bisnistoday.co.id

SOROTAN BISNISTODAY

Beritasatu Network

Related Articles

Nasional

Libur Idul Adha, Penumpang Whoosh Alami Peningkatan

JAKARTA, Bisnistoday - Menjelang Long Weekend Idul Adha pada 15-18 Juni 2024,...

Pembangunan IKN
Nasional

Pembangunan Ibu Kota Nusantara Perlu Partisipasi Publik

BANYUWANGI, Bisnistoday - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini diusung sebagai...

Tol Ngawi Solo
Nasional

Jasa Marga dan LPPOM MUI Gelar Sertifikasi Halal di Rest Area Tol Ngawi

SOLO, Bisnistoday - PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menggelar kegiatan bimbingan...

Lantik Dirjen
Nasional

Lantik Dirjen PSDKP, Menteri Trenggono Minta Berantas Penyelundupan BBL

JAKARTA, Bisnistoday  - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meminta Direktur...