JAKARTA, Bisnistoday – Kementerian Perdagangan bersama Kementerian Ekonomi Maritim dan Investasi,menggelar pameran Mall to Mall 2024 untuk memasarkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia. Pameran Mall to Mall 2024 terselenggara juga atas kolaborasi Kemendag dengan Pemprov Banten, serta Asosiasi Pengelola Pusat Belanja di Indonesia (APPBI).
Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Moga Simatupang mengatakan, dengan mengenalkan produk UMKM unggulan, masyarakat luas dapat mengenal dan tertarik untuk membeli.
“Kami ingin mengenalkan produk-produk unggulan UMKM pada masyarakat luas, sehingga masyarakat tertarik untuk membeli. Dengan demikian, upaya ini dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan sehingga memacu peningkatan ekonomi nasional,” ujar Moga.
Moga mengimbau, UMKM dapat terus meningkatkan kapasitas melalui inovasi, terutama hal desain dan warna. Dengan begitu, UMKM dapat terus mengembangkan pasar. “Potensi produk UMKM kita bagus. Oleh karena itu, perlu kita dorong untuk terus berinovasi sehingga UMKM semakin memiliki daya tarik. Desain dan pilihan warna dapat terus diinovasi sehingga dapat membantu memperluas pasar UMKM,” terang Moga.
Sementara itu, Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Krisna Ariza mengungkapkan, pameran Mall To Mall merupakan upaya Kemendag dalam mendukung UMKM untuk naik kelas. Mall to Mall ini juga bertujuan memperluas akses pemasaran UMKM melalui pusat perbelanjaan.
“Kemendag mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2024 di Provinsi Banten. Hal Ini merupakan upaya pembinaan UMKM di Provinsi Banten. Kami ingin mendukung UMKM Banten naik kelas dan memperluas akses pemasaran mereka melalui pusat perbelanjaan,” ungkap Krisna./