www.bisnistoday.co.id
Saturday , 28 January 2023
Home GLOBAL Kerja Sama Dagang Indonesia-Arab Diperkuat
GLOBALKawasan Global

Kerja Sama Dagang Indonesia-Arab Diperkuat

Negara-negara Arab di Kawasan Teluk diajak untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan dagang melalui skema Persetujuan Perdagangan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) atau Free Trade Agreement (FTA).

KERJA SAMA DAGANG : Negara Teluk Arab diajak optimalkan perdagangan.
Social Media

RIYADH, Bisnistoday – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak negara-negara Arab di Kawasan Teluk untuk meningkatkan dan memperkuat hubungan dagang melalui skema Persetujuan Perdagangan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) atau Free Trade Agreement (FTA). Hingga saat ini, Persatuan Emirat Arab merupakan satu-satunya negara Arab di Kawasan Teluk yang menjalin kerja sama CEPA dengan Indonesia.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Dewan Kerja Sama Negara-negara Arab Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC) Nayef Falah M Al- Hajraf di Riyadh, Arab Saudi pada Senin (23/1).

Dalam pertemuan tersebut, Mendag Zulkifli menyampaikan usulan kembali tentang dibentuknya kerjasama persetujuan dagang antara Indonesia dan GCC, yang sebelumnya pernah disampaikan pada tahun 2018, 2021 dan 2022. Terlebih Indonesia sudah menandatangani CEPA dengan Persatuan Emirat Arab, yang merupakan salah satu anggota GCC, yang diselesaikan dalam waktu sembilan bulan.

“Saya mengharapkan dukungan penuh Sekjen Nayef, mengingat CEPA akan memberikan peluang besar bagi kedua belah pihak untuk meningkatkan hubungan perdagangan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Sementara, Sekjen Nayef menyampaikan dukungan penuh atas usulan Indonesia untuk segera dimulai perundingan Persetujuan Dagang dalam bentuk Indonesia–GCC CEPA atau Indonesia-GCC FTA. Pertemuan juga sepakat agar tim teknis kedua negara dapat menindaklanjuti untuk segera membahas rencana perundingan CEPA/FTA.

Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan dalam pertemuan ini yaitu Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono, serta Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi./

Archives

Bisnistoday - Inspire Your Business

Pertamina is The Energy

Semangat Bangkit

PT Waskita Karya Tbk

Terserah Kamu

Sorotan Bisnistoday

Bisnistoday - Inspire Your Business

Jasa Marga Raih Emiten Terbaik Dalam Ajang Bisnis Indonesia Award 2022

Related Articles

GLOBALKawasan Global

Pelaku Usaha Diminta Fokus Pasar Ekspor ke Arab Saudi

JEDDAH, Bisnistoday - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah sedang mempersiapkan pelaku...

ASEANGLOBAL

PM Malaysia Jajaki Investasi di IKN Nusantara

BANTEN, Bisnistoday – Malaysia melakukan pejajakan terhadap rencana investasi di Ibu Kota...

GLOBALHEADLINE NEWSKawasan Global

Prospek Bisnis Inggris Masih Suram

LONDON, Bisnistoday – Kamar Dagang Inggris (British Chambers of Commerce/BCC) pada Rabu...

GLOBALKawasan Global

Perdagangan Korsel dan RI Makin Terbuka

JAKARTA, Bisnistoday – Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK- CEPA) secara resmi...